4 Ciri Hubungan Sehat, Saling Percaya Hingga Menghargai

Mimi Rohmitriasih17 Mei 2022, 12:15 WIB
Diperbarui 17 Mei 2022, 12:15 WIB
pasangan cinta gandengan tangan

Fimela.com, Jakarta Siapapun yang sedang menjalin hubungan asmara, pasti menginginkan hubungan yang bahagia dan sehat. Lantas seperti apa hubungan yang sehat itu? Melansir dari laman bustle.com, hubungan sehat adalah hubungan yang membuat pasangan di dalamnya merasa bahagia, nyaman dan memiliki fisik pun psikis yang sehat. 

Penelitian bahkan menemukan jika hubungan yang sehat membawa dua orang di dalamnya memiliki risiko rendah terhadap kematian, penyakit kardivaskular dan Depresi. Ada beberapa hal yang menunjukkan suatu hubungan dikatakan sehat. Berikut adalah beberapa ciri-ciri hubungan sehat.

Saling Percaya

pasangan bahagia
ilustrasi pasangan menikah/Photo by Trung Nguyen from Pexels

Ciri pertama dari hubungan yang sehat adalah pasangan saling percaya. Rasa percaya ini tak hanya tentang kejujuran dalam hubungan tetapi juga bagaimana pasangan saling memberi rasa aman dan nyaman. Rasa percaya akan tumbuh seiring dengan pasangan berperilaku baik, selalu ada dalam suka maupun duka dan bisa diandalkan.

Menciptakan Momen Menyenangkan

pasangan sahabat
ilustrasi cinta bahagia/TimeImage Production/Shutterstock

Hubungan yang sehat adalah ketika kedua pasangan bisa saling menciptakan momen menyenangkan saat bersama maupun saat saling jauh. Ketika perasaan bahagia atau senang, tentu ini membuat perasaan terasa semakin lega. Perasaan senang juga menurunkan risiko stres bahkan depresi.

Saling Menghargai

Pasangan menikah
ilustrasi pasangan bahagia/copyright unsplash.com/Priscilla Du Preez

Ciri selanjutnya adalah saling menghargai. Pasangan yang saling menghargai akan memiliki hubungan yang sehat. Pasangan yang saling menghargai juga akan meningkatkan rasa aman, nyaman serta bahagia. Menghargai di sini tak hanya tentang menghargai perasaan satu sama lain tetapi juga menghargai keluarga serta teman masing-masing.

Saling Terbuka

pasangan bahagia
ilustrasi cinta suami istri/mapo_japan/Shutterstock

Hubungan dikatakan sehat ketika pasangan saling jujur dan terbuka satu sama lain. Ketika pasangan saling jujur mengenai banyak hal baik itu tentang perasaan, pekerjaan, aktivitas sehari-hari dan keuangan, ini akan membuat hubungan terasa makin mengesankan dan menyenangkan. Ini juga akan membuat kedua pasangan merasa sangat nyaman. 

Itulah beberapa hal yang menandakan hubungan dikatakan sehat. Semoga informasi ini bermanfaat. Mengingat akan pentingnya hubungan yang sehat, bicarakan lagi dengan pasangan jika hubungan terasa kurang sehat. Pasalnya, hubungan yang tidak sehat akan berdampak buruk bagi kesehatan fisik pun psikis seseorang.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela