6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Tersakiti karena Cinta

Febi Anindya Kirana31 Mei 2022, 18:45 WIB
Diperbarui 31 Mei 2022, 18:45 WIB
Single

Fimela.com, Jakarta Setiap manusia pasti pernah tersakiti saat jatuh cinta atau menjalin hubungan cinta. Tapi ketika kamu mengalaminya, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar tidak terjebak dalam hubungan beracun atau toxic relationship. Meski tentu saja, tidak semua hubungan cinta adalah toxic relationship tapi alangkah baiknya jika kamu melakukan sekian hal ini jika merasa tersakiti.

1. Menangis

Single
Ilustrasi/copyrghtshutterstock/GARAGE38

Keluarkan semua perasaanmu dengan cara menangis. Mungkin saran ini terdengar klise, tapi ini adalah cara paling mudah untuk menemukan kelegaan hati dan ketenangan pikiran agar bisa berpikir lebih jernih. Menangis itu alami dan merupakan cara pelepasan perasaan yang sehat. Ini adalah cara yang baik untuk menghilangkan perasaan negatif.

2. Prioritaskan dirimu

single
Ilustrasi/copyrightshutterstock/uttana Jaowattana

Tidak ada yang akan memprioritaskanmu selain dirimu sendiri, jadi berubahlah egosi untuk kebaikan dirimu sendiri. Bahkan jika kamu sedang menjalin hubungan, kamu harus selalu ingat untuk mengutamakan diri sendiri dan tidak mengorbankan diri untuk hal-hal yang bersifat prinsipil. Kamu perlu menjaga diri bahkan dalam hubungan cinta.

3. Bicarakan dengan pasangan

pasangan bertengkar
ilustrasi bertengkar/copyright by takayuki (Shutterstock)

Jika pikiran sudah tenang dan emosi tidak bergejolak, atur waktu berbicara empat mata dengan pasangan untuk mendiskusikan permasalahan yang kalian hadapi atau masalah yang ingin kamu ungkapkan kepadanya. Terkadang menyimpan perasaan terluka untuk diri sendiri hanya akan memperburuk keadaan tanpa menemukan jalan keluar. Jadi jalan satu-satunya adalah mengomunikasikan dengan pasangan.

4. Ambil waktu untuk mengevaluasi diri

single
Ilustrasi/copyrightshutterstock/JR-50

Jika merasa terluka atau kewalahan, terkadang yang kita butuhkan adalah ruang dan waktu untuk sendiri agar bisa merenungkan dan mencari tahu apa yang salah dalam hubungan cinta ini. Temukan perspektif yang lebih jelas sehingga dapat mengevaluasinya dengan lebih objektif dan netral.

5. Pertimbangkan mengakhiri hubungan

pasangan
Ilustrasi pasangan bertengkar/copyright shutterstock

Jika tidak juga menemukan solusi setelah membicarakannya dengan pasangan atau permasalahan justru menjadi lebih buruk, pertimbangkan apa baik buruknya tetap mempertahankan hubungan cinta. Tentu keputusan ini tidak bisa diambil secara terburu-buru karena bisa jadi ini hanya soal emosi dan ego masing-masing.

6. Sembuhkan luka hati itu

perempuan tabah sabar mandiri dewasa santai
ilustrasi merenung sedih/atiger/Shutterstock

Jika sudah membuat keputusan, pastikan meluangkan waktu untuk menyembuhkan luka hati tersebut. Jangan membawa luka itu ke dalam hubungan baru ketika kamu belum siap menerima hati lain. Atau jika memutuskan mempertahankan hubungan, atasi hal itu dengan pasangan dan bagaimana cara agar tak perlu mengulang hal yang sama lagi di masa depan.

Itu dia sekian hal yang perlu dilakukan jika kamu merasa tersakiti dalam hubungan cinta.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela