Sukses

Relationship

Bekal Membangun Rumah Tangga, Ini 4 Manfaat Bimbingan Pranikah Bagi Calon Pengantin

Fimela.com, Jakarta Bimbingan pranikah biasanya dilakukan di lembaga keagamaan. Ada begitu banyak manfaat yang diperoleh ketika sepasang kekasih mengikuti bimbingan pranikah salah satunya membantu mencegah perceraian dan masih banyak lagi.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari mengikuti bimbingan pranikah. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Membantu Membangun Keterampilan Komunikasi

Ketika pasangan pergi ke konseling, mereka berbicara bersama dengan seorang konselor atau pemimpin agama yang memiliki pelatihan yang diperlukan untuk membantu mereka lebih memahami satu sama lain. Pasangan yang menjalani jenis konseling ini mau tidak mau membangun keterampilan komunikasi yang lebih baik karena mereka memiliki pihak netral di sana untuk membantu mereka memahami satu sama lain. Tidak diragukan lagi ini adalah salah satu manfaat terbesar dari konseling pranikah. Selain belajar bagaimana mengomunikasikan kebutuhan dan keinginan individu dengan lebih baik, pasangan juga belajar bagaimana lebih memahami satu sama lain. Mereka mendapatkan keterampilan kasih sayang dan komunikasi yang akan membantu mereka melewati masa-masa sulit.

2. Memberikan Peluang untuk Mengatasi Masalah

Konseling pranikah juga memberikan kesempatan besar bagi pasangan untuk menghadapi masalah yang dapat menyebabkan perceraian sebelum menjadi serius. Dengan berbicara dengan seorang konselor, pasangan mungkin dapat menyelesaikan perselisihan uang atau berbicara tentang rencana mereka untuk memiliki anak. Mengatasi masalah sebelum menikah adalah cara terbaik untuk memastikan landasan yang kokoh untuk masa depan dan untuk menghindari konflik serius setelah hari besar.

3. Membantu Pasangan Merencanakan Masa Depan

Banyak konselor pranikah melakukan lebih dari sekadar membantu pasangan membicarakan masalah mereka saat ini. Mereka juga membantu mereka merencanakan secara aktif untuk masa depan. Seorang konselor dapat membantu pasangan menetapkan tujuan keuangan atau keluarga berencana, dan dapat membantu mereka menemukan cara untuk mencapai tujuan tersebut. Konseling pranikah adalah tempat yang tepat bagi pasangan untuk berbicara tentang harapan yang mereka miliki untuk kehidupan pernikahan dan juga apa yang mereka inginkan secara pribadi di masa depan. Konselor pranikah membantu klien mereka fokus pada tujuan yang sehat dan perubahan hubungan.

4. Ini Memungkinkan Pasangan Menemukan Hal Baru Tentang Diri Mereka Sendiri

Ya, banyak pasangan merasa bahwa tidak ada yang mengenal pasangannya lebih baik daripada mereka. Namun, konselor dapat membantu menyampaikan informasi penting yang mungkin enggan dibagikan oleh pasangan. Ini menawarkan peluang pertumbuhan yang besar sambil membantu pasangan belajar lebih banyak tentang satu sama lain. Ini juga merupakan ruang yang aman bagi individu untuk berbagi hal-hal yang membuat mereka gugup atau kesal dengan pasangan mereka. Akan sangat membantu jika salah satu pasangan pernah mengalami kegagalan dalam hubungan sebelumnya.

Well, sebelum melangsungkan pernikahan, tak ada salahnya mengikuti bimbingan pranikah ya, Sahabat Fimela. Biasanya bimbingan pranikah ini, tersedia di lembaga agama. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading