Sukses

Relationship

4 Tips Mengatasi Masalah Komunikasi dalam Hubungan Asmara

Fimela.com, Jakarta Salah satu hal terpenting namun tak terucapkan yang diharapkan setiap orang dalam suatu hubungan adalah adanya komunikasi terbuka. Mereka ingin pasangannya jujur dan dapat membagikan detail kecil dalam setiap hal. Komunikasi menjadi hal terpenting dalam menjaga hubungan apa pun. Tanpa komunikasi yang baik, maka akan muncul masalah dan miskomunikasi antara kamu dan kekasih.

Beberapa pasangan mungkin tidak menyadari bahwa mereka telah memiliki komunikasi yang buruk misalnya saja, kamu terlalu sungkan atau takut untuk mengatakan sesuatu tentang perasaanmu. Lalu, bagaimana caranya untuk mengatasi masalah komunikasi dalam suatu hubungan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Membuat Aturan yang Dapat Disetujui Satu Sama Lain

Saat memulai sebagai pasangan, kamu dan pasangan mungkin ingin duduk dan mendiskusikan apa yang kalian harapkan dari satu sama lain, dan bagaimana kalian ingin menyalurkan pendapatmu jika kamu menemukan masalah yang sulit.

Dengan membicarakan dan menyetujui sejumlah aturan untuk hubungan, kamu belajar lebih banyak tentang pemikiran dan pendapat satu sama lain, baik sebagai pasangan maupun sebagai individu. Dan jika kalian saling mencintai, kalian akan dapat menghormati aturan ini, karena kalian telah bersama-sama setuju untuk berkomitmen pada aturan tersebut.

2. Jangan Menganggap Remeh Komunikasi Tatap Muka Secara Langsung

Banyak dari kita berpikir bahwa karena kita sering berbicara di telepon atau mengobrol di Facebook dengan pasangan kita, jalur komunikasi kita berjalan dengan baik. Tidak, tidak selalu demikian. Bahkan ada saat-saat ketika saluran yang sama inilah yang membawa kekacauan dalam hubungan.

Berkomunikasi melalui perangkat teknologi mungkin sangat nyaman, tetapi pada saat yang sama, mereka membatasi kualitas percakapanmu. Jadi, jika kamu ingin membahas hal-hal serius yang membutuhkan jalur komunikasi yang solid, lakukan secara langsung, tatap muka.

3. Tetapkan Toleransi

Ketika kamu berada dalam suatu hubungan, itu tidak berarti bahwa kalian berdua sudah memiliki satu sama lain dan kalian hanya perlu fokus pada apa yang kalian bagikan bersama. Kamu harus ingat bahwa meskipun kalian sudah menikah, kalian berdua masih menjalani kehidupan individu yang terpisah. Dan di sinilah toleransi berperan.

Toleransi adalah ketika kamu membiarkan pasangan melakukan hal-hal yang dia sukai sebagai individu. Ini bisa sulit karena mungkin mengharuskanmu pergi dengan teman-teman, fokus pada pekerjaan, dan melakukan aktivitas lain yang bukan urusanmu. Namun, hubungan adalah ujian kesabaran dan kepercayaan. Jadi jika kamu mempercayai pasangan dan sebaliknya, toleransi bisa tercapai.

4. Buatlah Waktu yang Bisa Dihabiskan Bersama Tanpa Gadget

Cara lain untuk mengatasi masalah komunikasi dalam suatu hubungan adalah dengan membebaskan diri dari kendali teknologi untuk sementara waktu. Ini berarti pergi mendaki atau berjalan-jalan di taman tanpa alat komunikasi, atau berenang di pantai dan lainnya.

Well, pastikan kamu dan pasangan memiliki waktu berkualitas berdua untuk membicarakan hal-hal dalam hidup ya!

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading