5 Manfaat Memiliki Transparansi dalam Hubungan Cinta

Febi Anindya Kirana10 Jun 2022, 18:45 WIB
Diperbarui 10 Jun 2022, 18:45 WIB
pasangan cinta

Fimela.com, Jakarta Banyak orang selama ini mungkin memahami transparansi sebagai sikap dan kata-kata jujur terhadap pasangan dalam hubungan cinta. Hal itu memang menjadi dasar dari hubungan cinta yang sukses. Tapi pernahkah kamu bertanya mengapa kita membutuhkan transparansi tersebut? Apa saja sebenarnya manfaatnya? Ternyata ini sekian manfaat memiliki transparansi dalam hubungan cinta.

1. Menciptakan hubungan cinta yang sehat

pasangan bahagia
ilustrasi pasangan cinta/theshots.co/Shutterstock

Transparansi dalam suatu hubungan cinta adalah ketika kamu dan pasangan merasa bebas untuk berbagi pikiran dan emosi yang terdalam. Dengan begitu kalian mengarahkan hubungan tersebut menjadi lebih sehat, tidak ada kepalsuan atau kepura-puraan. Bagaimana pun kamu dan dia telah berjanji untuk mengatakan apa adanya sehingga bisa mengatasi dan menghadapi bersama sewaktu-waktu ada masalah yang muncul.

2. Memahami satu sama lain lebih dalam

cinta bahagia pernikahan
ilustrasi pasangan menikah/TimeImage Production/Shutterstock

Dengan transparansi yang diciptakan dalam hubungan cinta, pada akhirnya kamu akan mengealnya lebih dalam, seperti apa kekhawatirannya dalam hidup, apa yang membuatnya bahagia, atau rahasia kelam apa yang ia sembunyikan dari orang lain. Meski mengetahui hal itu, kalian tidak merasa perlu menghakimi atau bahkan meninggalakan satu sama lain.

3. Membangun perasaan aman secara emosional

pasangan kencan
ilustrasi pasangan bahagia/west_photo/Shutterstock

Karena tidak ada yang disembunyikan atau dirahasiakan, secara alami kamu dan pasangan akan merasa aman dan nyaman menunjukkan sisi diri yang sebenarnya, mengatakan pendapat, impian, harapan dan bahkan kekalutan hati masing-masing. Dari situlah kalian akan menemukan ikatan emosional yang kuat, saling menjaga, saling melindungi dan mencintai lebih banyak lagi.

4. Menguatkan rasa saling percaya

memeluk memaafkan pasangan
ilustrasi memeluk/photo created by jcomp - www.freepik.com

Satu hal yang sering menghancurkan hubungan cinta adalah prasangka dan curiga. Ketika dirimu dan pasangan mampu menciptakan komunikasi yang terbuka, jelas dan transparan, sama halnya kalian mengikis segala kecurigaan dan prasangka tersebut sehingga timbullah keyakinan yang selanjutnya mampu mengutakan rasa percaya.

5. Menghilangkan jarak dan batasan

pernikahan bahagia
ilustrasi pasangan bahagia/Photo created by freepik - www.freepik.com

Normal bagi setiap orang merasa khawatir dan berhati-hati dalam menunjukkan diri, apalagi saat menjalin hubungan cinta baru. Tapi kalimat 'tidak kenal maka tak sayang' itu nyata. Jadi jika tidak memutuskan melakukan komunikasi terbuka dan transparan dalam hubungan cinta, jangan heran jika selalu merasa ada jarak dan seakan kamu tak mengetahui sepenuhnya seperti apa pasanganmu.

Itu dia sekian manfaat jika memiliki transparansi dalam hubungan cinta.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela