Sukses

Relationship

7 Tips Tetap Nyaman dan Rukun saat Harus Tinggal Bersama Mertua

Fimela.com, Jakarta Jika hidup dengan mertua menjadi salah satu pertimbangan kamu dan pasangan, penting bagimu untuk memahami bahgaimana hidup dengan mertua. Ini penting karena kamu harus memiliki gagasan yang baik tentang seperti apa kehidupan ketika kamu berada di bawah satu atap.

Ide tinggal bersama menantu bahkan lebih penting untuk dikenalkan jika kamu dan pasangan tidak memiliki pengalaman hidup dalam keluarga bersama atau keluarga besar sebelumnya. Lalu apa saja yang perlu kamu ketahui dan kamu lakukan saat harus tinggal bersama dengan mertua? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Tetapkan Batasan yang Sehat

Ini mungkin tips paling penting untuk belajar bagaimana hidup dengan ibu mertua dan ayah mertua. Tidak hanya batasan yang penting untuk pernikahan, tetapi juga penting untuk semua hubungan dekat seperti itu.

Ketika kamu menetapkan batasan seperti mengetuk pintu sebelum masuk kamar, tidak ikut campur dalam pertengkaran, tidak ikut campur dalam mengasuh anak, dan sebagainya, akan membuat pengalaman tinggal bersama mertua tetap menyenangkan. Beberapa batasan dapat ditetapkan secara langsung dengan berbicara dengan mereka dan beberapa secara tidak langsung.

2. Hindari Pertengkaran Keluarga

Ini adalah masalah besar. Jangan masuk ke argumen keluarga itu. Menjauhkan diri dari mertua itu penting. Kamu mungkin melihat bahwa pasanganmu sedang bertengkar dengan orangtua mereka. Tinggal bersama orangtua mereka dapat memunculkan beberapa masalah atau pola masa kanak-kanak yang terpendam. Tapi jangan terlibat dalam situasi sulit ini.

Tidak, tips ini bukan tentang meminta mertuamu untuk membantu tanggung jawab rumah tangga.. Ini tentang mencari dukungan atau bantuan untuk menangani situasi mertua secara efektif. Meminta bantuan bisa berarti menghabiskan waktu sendirian dengan diri sendiri atau pasangan sesering yang kamu butuhkan/inginkan. Mungkin curhat ke orang yang kamu cintai. Mungkin mencari bantuan profesional dengan kesehatan mental juga, melalui konseling atau terapi.

4. Berbagi Pekerjaan Rumah Tangga

Cara hebat lainnya untuk mendapatkan pengalaman menyenangkan tinggal bersama mertua adalah dengan melibatkan mereka dalam pekerjaan rumah tangga. Ini adalah cara yang bagus untuk membantu mereka merasa berguna dan mengurangi bebanmu dan pasangan.

5. Menanggung Beberapa Biaya

Kini membagi biaya dengan mertua menjadi keputusan penting yang harus kamu dan kekasihmu putuskan. Tips ini adalah masalah pilihan. Manfaat menerapkan tips ini adalah bahwa mertuamu juga akan merasa seperti mereka berkontribusi dalam beberapa cara untuk rumah tangga.

6. Biarkan Mertuamu Memasak

Memasak hanyalah sebuah contoh. Ini berlaku untuk hal-hal yang mungkin disukai mertuamu di sekitar rumah. Jika mereka suka bereksperimen di dapur dan menyiapkan makanan, biarkan mereka menangani tanggung jawab memasak. Jika mereka menyukai cucian, biarkan mereka melakukannya.

7. Luangkan Waktu untuk Keintiman

Untuk tidak membiarkan situasi kehidupan baru berdampak negatif pada pernikahan, penting untuk meluangkan waktu yang cukup untuk keintiman dengan kekasihmu. Dengan batasan yang sehat tentang privasi, ada ruang yang cukup untuk membuat hal-hal menarik secara seksual.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa membantumu untuk tinggal bersama mertua. Pastikan memiliki hubungan yang baik, ya Sahabat Fimela. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading