5 Tanda Kamu dan Pasangan Memiliki Hubungan yang Sehat

Mimi Rohmitriasih20 Jun 2022, 08:45 WIB
Diperbarui 20 Jun 2022, 08:45 WIB
pasangan bahagia

Fimela.com, Jakarta Saat menjalin hubungan asmara apalagi hubungan yang lebih serius yakni pernikahan, setiap orang tentunya ingin memiliki hubungan yang bahagia dan sehat. Tapi, bagaimana hubungan bisa dikatakan sehat? Apakah ketika kamu dan pasangan tidak pernah bertengkar, apakah pasangan berlaku romantis setiap hari, atau pasangan selalu berusaha menjadi yang terbaik buatmu tidak peduli jika ia harus menjadi orang lain?

Mengenal Hubungan Sehat

hubungan cinta
ilustrasi pasangan bahagia/Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Melansir dari laman bustle.com, hubungan yang sehat adalah hubungan yang didasari rasa percaya, saling peduli dan mengerti satu sama lain. 

Hubungan sehat menurut para ahli merupakan hubungan yang bukan dilihat dari seringnya membagi keromantisan atau kebersamaan juga lamanya waktu yang dihabiskan bersama. Orang yang memiliki hubungan sehat cenderung memiliki tingkat kualitas hidup yang baik. 

Tanda Hubungan Sehat

hubungan cinta
ilustrasi pasangan/copyright Shutterstock

Ada beberapa kebiasaan yang menjadi pertanda bahwa kamu dan pasangan memiliki hubungan yang sehat. Pertanda tersebut antara lain sebagai berikut. 

1. Komunikasi Terjalin dengan Baik

Tanda pertama ada komunikasi terjalin dengan baik. Kamu dan pasangan bisa saling bicara tanpa takut saling menyakiti dan mengecewakan. Kalian bisa menjadi tempat mencurahkan rasa gelisah di hati dan menjadi penasehat untuk satu sama lain.

2. Saling Mendukung

Hubungan yang sehat juga ditandai dengan sikap saling mendukung satu sama lain. Kamu bisa merasakan kebahagiaan yang dirasakan pasangan dan begitu sebaliknya. Apapun yang dilakukan pasangan selama itu baik, kamu bisa menjadi penyemangat untuknya dan begitu pun sebaliknya. Dukungan dan motivasi dalam hubungan akan membuat semakin sehat serta kuat.

3. Jujur dan Terbuka

Tanda selanjutnya adalah kamu dan pasangan bisa saling jujur serta terbuka antara satu sama lain. Kalian tidak pernah menyembunyikan masa lalu walau itu kelam. Kalian juga tak pernah meragukan satu sama lain.

4. Tak Malu untuk Berterima Kasih dan Meminta Maaf

Hubungan yang sehat adalah hubungan di mana kedua pasangan di dalamnya tak pernah malu untuk berterima kasih, minta tolong maupun meminta maaf. Sikap apa adanya ini membuat perasaan lebih tenang. Sementara itu, ketenangan adalah ciri utama dari hubungan sehat. 

5. Fisik dan Psikis Kalian Sehat

Hubungan yang sehat ditandai dengan kondisi fisik dan psikis kedua pasangan yang sama-sama sehat. Penelitian menemukan jika hubungan yang sehat adalah hubungan di mana kedua pasangan di dalamnya juga sehat. Para ahli bahkan menemukan jika hubungan sehat memungkinkan pasangan memiliki usia yang lebih panjang. 

Itulah beberapa tanda hubungan sehat. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita senantiasa memiliki hubungan sehat bersama pasangan. 

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela