4 Tips Memberikan Ruang kepada Pasangan agar Tidak Merasa Terkekang

Gayuh Tri Pinjungwati24 Jun 2022, 16:15 WIB
Diperbarui 24 Jun 2022, 16:15 WIB
Couple

Fimela.com, Jakarta Berada dalam suatu hubungan atau pernikahan, terkadang kita tidak menyadari bahwa pasangan kita membutuhkan ruang. Kita sering salah memahami hal ini dengan sesuatu yang terjadi di luar hubungan. Hal ini dapat menimbulkan banyak rasa tidak aman. Ada begitu banyak pikiran dan kekhawatiran yang muncul di benak kita. Tetapi kamu perlu memahami bahwa memberi ruang kepada pasangan benar-benar normal dan perlu dihadapi dengan kesabaran dan kepekaan yang sama. Sebelum melompat ke kesimpulan apa pun, kamu hanya perlu menyelaraskan pikiran positif.

Nah, berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk memberi ruang pada pasangan tanpa harus khawatir kehilangannya.

Pahami Pentingnya Ruang Sendiri

Sebelum kamu berpikir untuk berpisah atau mengambil kesimpulan apa pun, luangkan waktu sejenak untuk menyadari bahwa hubungan terkadang bisa membuatmu kewalahan. Kamu tidak perlu menyalahkan diri sendiri atau pasangan untuk masalah yang sulit. Kamu harus mengubah fokus interaksi dengan menempatkan diri pada posisi pasanganmu dan kemudian berpikir. Ini adalah saat ketika kamu menunjukkan apa arti hubungan ini bagimu.

Menahan Diri untuk Tidak Menjangkau Terlalu Jauh

couple
Ilustrasi/copyrightshutterstock/PKStockphoto

Setelah kamu memutuskan untuk menawarkan ruang kepada pasangan, pastikan kamu benar-benar memberinya ruang. Ini adalah saat di mana kamu mendukung pasangan dengan cara yang sehat dengan berjalan pergi dengan cara yang halus. Dengan cara ini mereka tahu bahwa kamu ada untuk mereka jika mereka membutuhkanmu dan tidak perlu khawatir membuatmu merasa diabaikan.

Lakukan Hal Sendirian saat Memberi Waktu Sendiri pada Pasangan

Itu selalu merupakan ide yang baik untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri dan menyegarkan. Saat melakukannya, kamu dapat menetapkan beberapa hobi baru yang akan menjadi alasan untuk menghabiskan waktu terpisah. Kamu bahkan dapat mengunjungi teman-teman atau bahkan mempertimbangkan rutinitas bersantai yang terpisah. Waktu terpisah ini dapat meremajakan kalian berdua, memungkinkanmu untuk menghargai kehadiran satu sama lain dalam kehidupan.

Tentukan Waktu

Mengatakan dan menjelaskannya kepada pasangan bahwa kamu perlu waktu istirahat selama berjam-jam atau hari tertentu masih lebih baik daripada hanya membayangi mereka dengan tanpa mengatakan kebutuhanmu.  Ini membuatmu memiliki rasa ragu dan kecemasan pada pasangan. Dan bahkan jika ada sesuatu yang sangat serius dan membutuhkan waktu yang lama, mungkin satu atau dua bulan, maka kamu selalu dapat mempertimbangkan untuk berhenti dari hubungan.

Jadi sebelum kamu merasa cemas dan panik, pastikan kamu memberi pasangan kebebasan yang mereka butuhkan untuk kembali dan berbagi pemikiran mereka. Ruang, dibutuhkan pasangan untuk mengelola emosi mereka. 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela