Sukses

Relationship

5 Penyebab Perselingkuhan yang Sering Terjadi Namun Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Perselingkuhan dalam hubungan asmara kerap menjadi momok utama akan hancurnya hubungan asmara. Karena perselingkuhan, hal ini tidak hanya akan menyakiti dan mengecewakan pasangan, tetapi juga menyakiti dan menghancurkan hati orang-orang terdekat. 

Mengenai perselingkuhan, penelitian menemukan jika penyebab utama atau paling sering dari perselingkuhan adalah karena seseorang memang hobi selingkuh. Orang yang hobi selingkuh dikatakan akan sulit sembuh dari hobinya tersebut karena ia merasa lebih mengesankan. 

"Banyak alasan kenapa orang selingkuh. Lebih rumitnya lagi, terkadang batasan selingkuh bagi setiap orang itu berbeda," ujar psikiater dan penulis buku Infidelity: Why Men and Women Cheat, Kenneth Paul Rosenberg dikutip dari laman Prevention.com. Berikut ini beberapa alasan paling sering kenapa seseorang selingkuh.

Hubungan Tidak Memuaskan

Para ahli menemukan jika kasus perselingkuhan paling sering terjadi karena hubungan dirasa kurang memuaskan. Saat seseorang tidak puas dan tidak bahagia dengan hubungan yang dijalaninya, ia akan rentan berselingkuh serta mencari hubungan baru yang dirasa lebih baik.

Hubungan Toxic

Hubungan yang toxic juga meningkatkan risiko seseorang berselingkuh. Ketika menjalin hubungan asmara, setiap orang tentu berharap bahwa hubungan tersebut sehat, menyenangkan dan membuatnya bahagia. 

Tapi, jika hubungan tersebut toxic, mengecewakan dan tak sesuai harapan, seseorang akan rentan menjalin hubungan lain atau berselingkuh. Perselingkuhan dilakukan agar seseorang lebih mudah untuk mengakhiri hubungan terdahulu yang toxic atau kurang sehat.

Komunikasi yang Tidak Baik

Komunikasi sangat penting dalam hubungan. Tapi jika komunikasi yang dimiliki sepasang kekasih buruk, ini akan menyebabkan perselisihan bahkan perselingkuhan.

Balas Dendam

"Banyak orang yang selingkuh akan melakukan segala cara untuk tidak diketahui. Tapi beberapa orang justru ingin pasangannya mengetahui perselingkuhan tersebut untuk balas dendam," ujar  Ashley E. Thompson, Ph.D. seorang  profesor psikologi di University of Minnesota.

Adanya Kesempatan

Penyebab perselingkuhan selanjutnya adalah adanya kesempatan untuk berselingkuh. Banyak orang yang awalnya tidak tertarik dengan kesempatan yang ada, namun lama kelamaan tidak sedikit darinya untuk mencoba kesempatan ini dan terjerumus ke dalamnya. 

Itulah beberapa penyebab perselingkuhan yang sering terjadi namun jarang disadari oleh setiap pasangan. Untuk mendapatkan hubungan bahagia dan pikiran yang tenang, pastikan untuk menjauhi perselingkuhan. Semoga kita dikaruniai hubungan asmara yang penuh kesetiaan dan kepercayaan serta jauh dari kasus perselingkuhan.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading