Sukses

Relationship

4 Tips Mengatasi Masalah Komunikasi dengan Pasangan

Fimela.com, Jakarta Kebanyakan orang melakukan segala upaya untuk menghindari konflik dalam hubungan. Beberapa orang memilih diam daripada mengatasi masalah. Menghindari komunikasi dalam suatu hubungan melahirkan kebencian dan tidak akan menghasilkan jalan keluar. Jika kamu memiliki komunikasi dengan benar, itu dapat membuat orang lain memahami perasaan dan nilaimu, dan bahkan dapat meningkatkan situasi atau hubungan.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips mengatasi percakapan yang sulit dalam suatu hubungan. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Dengarkan Apa yang Dirasakan Pasanganmu

Mendengarkan dengan baik sangat penting untuk membuka hati kepada pasangan dan membantu mereka ketika terjebak dalam konflik. Jika kamu mampu mendengarkan dalam suatu hubungan, kamu mungkin menemukan sesuatu yang baru tentang mereka atau melihat masalah dari perspektif yang baru.

2. Pilih Waktu yang Tepat untuk Berbicara

Saat berinteraksi dengan orang yang kita cintai, kita harus belajar bagaimana menilai waktu. Tidak ada yang senang diganggu saat mereka bekerja. Sebaliknya, bicaralah saat kalian berdua dalam kondisi terbaik. Jika kamu ingin menunjukkan perasaanmu sedemikian rupa sehingga memiliki kemungkinan terbaik untuk didengar, kamu harus memberi tahu pasangan itu terlebih dahulu. Idealnya, cobalah untuk berdiskusi setelah kalian berdua memiliki kesempatan untuk bersantai dan dapat berkonsentrasi pada topikmu.

3. Atur Nada Bicara

Mulailah dengan tawaran untuk berbicara ketika kaliam berdua punya waktu dan tidak stres karena pekerjaan atau kewajiban lainnya. Mulailah percakapan dengan cara yang baik. Lanjutkan dengan meyakinkan pasangan betapa pentingnya hubungan itu bagi kalian. Tunjukkan penghargaan atas keterbukaan pasangan untuk membahas masalah yang menantang dan bekerja sama denganmu untuk menemukan solusi.

4. Menjaga Diri

Pembicaraan yang sulit bisa menguras emosi. Sangat penting untuk menjaga diri sendiri untuk mencegah pembicaraan yang sulit berubah menjadi pertengkaran. Kenali apa yang mengganggumu. Berkonsentrasilah pada sumber masalahnya, bukan hanya episode yang tampak seperti titik kritis. Ingatlah bahwa kamu tidak diharuskan untuk segera mengambil keputusan. Luangkan waktu yang diperlukan untuk melakukan percakapan yang sopan dan disengaja.

Percakapan yang sulit diperlukan untuk menjaga hubungan yang efektif. Setiap kali kamu mengatasi rasa takut dan melakukannya, kamu akan meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading