7 Penyebab Pasangan Selingkuh yang Sulit Dimaafkan dalam Hubungan

Vania Al kautsar18 Jul 2022, 12:16 WIB
Diperbarui 18 Jul 2022, 12:16 WIB
Arti Mimpi Pacar Selingkuh Secara Umum

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu pernah berfikir akan tetap setia kepada pasangannya saat ini meskipun dan apapun yang akan terjadi di antara kalian? Banyak dari kita terkadang akan sulit untuk berfikir memulai perselingkuhan dari pasangan. Masalahnya hal ini berkaitan dengan sifat penghianatan yang akan terjadi.

Mungkin saja kamu akan bertanya tanya bagaimana seseorang bisa menipu pasangannya atau mencoba untuk melakukan perselingkuhan. Meskipun begitu ternyata perselingkuhan merupakan salah satu penyebab utama perceraian atau putus dalam hubungan.

Lalu sebenarnya apa saja sih yang mendorong seseorang untuk melakukan perselingkuhan? Mungkin kita tidak sadar saat diselingkuhi atau mungkin saja kita menjadi selingkuhan. Namun, berikut adalah beberapa penyebab seseorang selingkuh dari pasangannya:

1. Ketidakmampuan untuk Mengatasi Masalah

selingkuh bertengkar curiga
ilustrasi pasangan cinta/TORWAISTUDIO/Shutterstock

Lari dari masalah dan ketidakmampuan untuk menghadapinya merupakan salah satu penyebab dari perselingkuhan, dalam sebuah hubungan tentu kita akan menghadapi beberapa masalah yang datang hal ini juga dapat menandakan bahwa seberapa siap kita dapat menghadapinya.

Jika kamu dalam sebuah hubungan kemudian memiliki masalah yang besar maupun kecil ada baiknya untuk membicarakan dengan pasanganmu saja, hindari curhat atau membicarakan masalahmu dengan lawan jenis atau temanmu. Tidak heran bahwa sebagian besar kasus perselingkuhan dapat terjadi di mana seseorang yang terlalu simpatik menawarkan bahu untuk bersandar.

2. Jatuh Cinta

pasangan
ilustrasi selingkuh/copyright Shutterstock

Perasaan senang jatuh cinta pada seseorang umumnya tidak berlangsung selamanya, saat pertama kali kamu merasakan jatuh cinta terkadang akan mengalami gairah, Kegembiraan, dan aliran dopamin yang hanya menerima pesan dari mereka. Intensitas dari perasaan ini tentu akan memudar seiring berjalannya waktu, meskipun cinta yang abadi itu pasti ada.

Saat kamu berada di sebuah hubungan lalu jatuh cinta dengan seseorang lainnya sadarlah bahwa Cinta yang kamu rasakan dengan orang lain hanyalah sesaat dan tidak berlangsung lama. Tetapi, ketika kamu memilih bertahan dalam suatu hubungan tanpa cinta yang romantis akan menyebabkan keinginan untuk mengalami jatuh cinta lagi dan merujuk pada perselingkuhan.

3. Faktor Situasi dan Kesempatan

Perselingkuhan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/ Pormezz

Kamu memiliki suatu kesempatan untuk menipu ternyata dapat membuat perselingkuhan lebih dan mungkin akan terjadi, hal ini tidak berarti semua orang yang memiliki kesempatan dapat melakukannya.

Mungkin saja kamu tidak memilih untuk menipu pasanganmu jika hanya satu atau dua faktor yang terlibat, akan tetapi ketika kamu memanfaatkan suatu kesempatan untuk menipu dan melihat kondisi terkadang akan ada perasaan yang membuat kamu mengenal seseorang lain lebih dalam.

4. Toxic Relationship

Selingkuh
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Hubungan yang tidak sehat atau toksik merupakan salah satu penyebab utama dari perselingkuhan. Terkadang ada beberapa pasangan yang menikah karena alasan tertentu atau mereka ingin tinggal bersama karena motif tertentu seperti anak anak atau masalah keuangan, tetapi tidak untuk cinta diantara mereka.

Ada juga situasi yang terkadang membuat seseorang mengabaikan pasangannya, mereka tidak hidup seperti pasangan norma lainnya yang begitu jalan bersama dan membuat keduanya mencari di luar hubungan mereka untuk seseorang yang mereka inginkan.

5. Masalah Komitmen

Memulai Perselingkuhan
Ilustrasi Pertengkaran Hubungan Credit: pexels.com/pixabay

Seseorang yang mengalami kesulitan dengan komitmen mungkin lebih cenderung selingkuh, komitmen merupakan salah satu hal yang sulit dalam sebuah hubungan. Ketika kamu ber komitmen atau memulai hubungan baru dengan seseorang mulailah menaruh kepercayaan dan memiliki komitmen yang tinggi dalam sebuah hubungan.

Mungkin saja kamu sedang berada di hubungan atau dengan seseorang yang masih takut membuat komitmen, dalam hal ini mungkin salah satu dari pasangan akan berakhir selingku sebagai cara untuk menghindari komitmen meskipun sebenarnya mereka memilih untuk tetap dalam sepatu hubungan

6. Kebutuhan yang Tidak Terpenuhi

pria selingkuh
ilustrasi pria selingkuh/copyright Ruslan Galiullin (Shutterstock)

Terkadang kebutuhan salah satu dari kedua pasangan akan keintiman tidak terpenuhi dalam satu hubungan, masalah satu ini tentu dapat menjadi sebuah pertanyaan yang perlu kamu bicarakan. Banyak yang memilih untuk tetap dalam suatu hubungan meskipun mereka berharap bahwa keadaan akan membaik, tetapi terkadang kebutuhan yang tidak terpenuhi dapat menyebabkan seseorang mengalami frustrasi yang mungkin memburuk jika situasinya tidak membaik.

7. Tidak Dapat Menghargai

Perselingkuhan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Kadang pasangan merasa bahwa mereka tidak cukup dihormati atau dihargai dalam sebuah hubungan yang membuat mereka memicu adanya perselingkuhan. Ada beberapa orang yang mungkin merasa butuh dihargai meskipun hal sekecil apapun, bukan berarti semua hal yang besar tidak membutuhkan perhatian beberapa hal kecil juga membutuhkannya.

Seseorang yang selingkuh tentu akan sulit dimaafkan, selingkuh sendiri merupakan salah satu sifat dasar dari seseorang yang terus menerus tidak puas dan ingin mencari yang baru. Sifat seseorang yang menginginkan perselingkuhan memang sulit diubah, saat kamu menghadapi sebuah masalah dalam hubungan ada baiknya untuk komunikasikan dan pastikan agar mencari jalan keluar serta solusi yang tepat.

Mungkin kamu pernah mendengar istilah “people come and go” seseorang dapat datang dan pergi seiring berjalannya waktu tanpa kita Sadari. Dalam sebuah hubungan hal ini mungkin akan sangat wajar terjadi, tetapi ketika kamu sudah berada di sebuah hubungan mulailah untuk komitmen dan saling percaya terhadap pasanganmu sendiri itulah sebuah kunci dari hubungan.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela