5 Tanda Empty Love yang Membuat Hubungan Terasa Hambar

Endah Wijayanti05 Agu 2022, 13:15 WIB
Diperbarui 05 Agu 2022, 13:15 WIB
pasangan yang bertengkar

Fimela.com, Jakarta Pernah merasakan berada di sebuah hubungan tapi malah merasa kesepian? Atau malah makin merasa tidak nyaman saat sudah punya pasangan? Saat hubungan yang dijalani terasa hambar, bisa jadi ada empty love di dalamnya.

Apa itu empty love? Secara umum, empty love adalah cinta yang tidak tulus. Rasa yang dihadirkan di dalam hubungan tidak berasal dari hati yang paling dalam. Berikut ini lima tanda umum tidak ada cinta yang tulus di dalam sebuah hubungan.

 

 

1. Ada Perasaan Ragu

pasangan bertengkar
Ilustrasi/copyright shutterstock/shisu_ka

Melansir laman goodmenproject.com, empty love biasanya lebih ambigu dan kurang tampak sehingga sering membuat kita merasa bingung, meragukan hubungan, atau bahkan menyalahkan diri sendiri. Perasaan ragu-ragu selalu menghampiri hatimu. Bahkan tiap kali menghabiskan waktu bersama pasangan, ada perasaan mengganjal di dalam dadamu.

 

 

 

2. Komunikasi Terasa Jauh

Cara Meredakan Pertengkaran Khusus Buat Pasangan LDR
Ilustrasi./(Foto: unsplash.com/adrian sava)

Percakapan terasa berjarak. Bahkan saat sedang dekat, komunikasi terasa jauh. Seperti ada sekat yang menjadi penghambat kedekatan. Untuk bisa lebih terbuka dan berbagi isi hati dan perasaan juga sulit sekali dilakukan. Semua percakapan terasa begitu kaku, bahkan tak ada senyum, tawa, atau humor yang mewarnainya.

 

 

3. Intensitas Kesepian Meningkat

Mudah Memunculkan Pertengkaran
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/Ginnie

Punya pasangan malah membuatmu merasa makin kesepian. Kamu tak pernah jadi orang pertama yang mengetahui kabar penting darinya. Begitu juga dengan dirimu yang merasa tidak perlu menjadikannya orang pertama untuk dikabari hal penting darimu. Walau menjalin hubungan, tapi jalan yang ditempuh terlalu berbeda tanpa ada kesamaan tujuan atau visi yang dingin diwujudkan bersama.

 

4. Tak Pernah Ada Kehangatan

pasangan bertengkar tidak akur
ilustrasi cemburu bertengkar/Dragana Gordic/Shutterstock

Biasanya salah satu tanda hubungan yang mengandung empty love, khususnya dalam hubungan suami istri, adalah tidak adanya keintiman yang hangat. Tanpa kehangatan, hubungan terasa hambar. R.J. Sternberg (1986) dalam Triangular Theory of Love memaparakan bahwa cinta membutuhkan gairan, keintiman, dan komitmen. Saat satu atau lebih dari tiga hal itu tidak ada, hubungan akan terasa stagnan dan timpang.

5. Tak Ada Upaya untuk Saling Peduli

pasangan bertengkar
ilustrasi pasangan bertengkar/photo created by yanalya - www.freepik.com

Tak ada upaya untuk saling peduli atau memahami perasaan satu sama lain. Tak ada upaya untuk mencoba peduli memenuhi kebutuhan masing-masing. Upaya untuk saling membahagiakan pun sama sekali tidak ada. Saat hubungan sudah tidak disertai dengan rasa peduli, maka tak butuh waktu lama bagi hubungan tersebut untuk berakhir.

Kalau merasakan adanya tanda-tanda tersebut di dalam hubunganmu, cobalah untuk mengevaluasinya lagi. Bagaimana pun, kita berhak untuk merasakan cinta yang tulus dan kebahagiaan saat bersama seseorang.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela