5 Tanda Hubunganmu Punya Masa Depan Cerah

Endah Wijayanti09 Agu 2022, 10:45 WIB
Diperbarui 09 Agu 2022, 13:19 WIB
tipe hubungan

Fimela.com, Jakarta Saat menjalin sebuah hubungan dan ada niat untuk melangkah ke jenjang pernikahan, kita perlu meningkatkan upaya untuk menyesuaikan diri dan saling mengenal dengan lebih dalam lagi. Penting untuk memantapkan hati apakah hubungan yang dijalani ini bermasa depan cerah sehingga bisa terus diperjuangkan bersama.

Berikut ini lima tanda umum sebuah hubungan yang punya fondasi kuat. Ada rasa cinta, nyaman, dan aman di dalamnya. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Ada Kesamaan Tujuan

couple bahagia
ilustrasi pasangan cinta/interstid/Shutterstock

Melansir laman lifehack.org, setiap hubungan punya risiko untuk putus tapi ada tanda-tanda yang bisa mengindikasikan sebuah hubungan akan senantiasa harmonis dan bertahan dalam waktu lama. Salah satu tanda hubungan yang harmonis adalah adanya kesamaan tujuan. Tiap pasangan yang punya kesamaan nilai-nilai dan tujuan bisa lebih mudah menyeleraskan berbagai perbedaan yang ada serta saling menguatkan saat ada masalah.

2. Ada Rasa Saling Percaya

couple
Ilustrasi pasangan bahagia/copyrightshutterstock/East

Kejujuran dengan landasan saling percaya akan membuat hubungan tidak rentan putus. Hubungan tidak akan kuat jika tak ada rasa saling percaya di dalamnya. Sebab rasa saling percaya akan memudahkan hadirnya cara berkomunikasi yang lebih terbuka dan tak selalu menyembunyikan masalah.

3. Ada Kenyamanan

couple bahagia cinta romantis
ilustrasi pasangan suami istri/Tom Wang/Shutterstock

Saat bersama, kamu dan pasangan bisa sama-sama nyaman menjadi diri sendiri. Tidak saling menuntut untuk berubah. Melainkan bisa saling menghargai kelabihan dan kekurangan masing-masing. Tentu saja sembari terus saling menguatkan untuk jadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu.

 

4. Ada Petualangan

pasangan cinta
ilustrasi couple romantis/Krakenimages.com/Shutterstock

Ada penelitian yang membuktikan bahwa pasangan yang merasakan cinta paling kuat adalah pasangan yang menikmati aktivitas baru atau aktivitas yang penuh tantangan bersama. Aktivitas baru selalu membangkitkan gairah baru dan mengikis asa bosan. Saat melakukan sebuah aktivitas atau petualangan baru bersama pasangan, maka gairah cinta bisa kembali menyala dan hubungan jadi lebih berwarna.

5. Ada Pintu Maaf

couple bahagia romantis
ilustrasi pasangan cinta/KaptureHouse/Shutterstock

Hubungan yang sehat bukan yang tanpa masalah, melainkan yang selalu saling membuka pintu maaf. Menurut Jeanette Raymond, Ph.D., ahli terapi pernikahan berlisensi, ukuran sesungguhnya tentang kekuatan sebuah hubungan adalah seberapa cepat pasangan akur kembali setelah berselisih. Pasangan dalam hubungan yang sehat akan saling berusaha memaafkan saat menghadapi sebuah masalah.

Apakah dalam hubunganmu ada lima hal di atas? Semoga hubungan yang sedang kamu jalani bisa makin kuat seiring waktu berjalan dan mendatangkan kebahagiaan, ya.

 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela