Tidak Merasakan Kebahagiaan, Ini 7 Tanda Hubungan Pernikahanmu Mulai Goyah

Gayuh Tri Pinjungwati12 Agu 2022, 09:15 WIB
Diperbarui 12 Agu 2022, 09:15 WIB
couple marah

Fimela.com, Jakarta Hampir setiap orang tentu ingin memiliki hubungan pernikahan yang langgeng dan bahagia bersama pasangannya. Pernikahan memang tampak menyenangkan di tahap awal, tetap tidak terasa menyenangkan setelah beberapa waktu berlalu. Selain perselingkuhan dan segala bentuk pelecehan, ada beberapa tanda yang disampaikan melalui tindakan atau kata-kata yang menunjukkan bahwa mungkin saja pernikahanmu sedang goyah.

Ya, kata-kata dapat menyiratkan tentang apa pun, termasuk kondisi hubungan pernikahanmu. Lalu, seperti apa hal-hal yang menunjukkan bahwa pernikahanmu sedang goyah? Pernasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Fantasi Perceraian

Selama pernikahan jika kamu bahkan pernah berfantasi tentang perceraian, itu berarti kamu berada dimana hubunganmu sedang goyah. Membayangkan hidup tanpa pasangan adalah tanda bahwa kamu tidak lagi merasa tertarik dengan pasangan.

2. Meminimalkan Kekhawatiran

Jika salah satu dari kamu dan pasangan berpikir lebih unggul dari pasanganmu dan kamu mengabaikan perasaan yang lain, itu adalah penyebab keprihatinan utama. Jelas tidak ada kemitraan setara yang mendefinisikan pernikahan.

3. Kamu Merasa Kesepian

couple marah
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Ekaphon maneechot

Dalam sebuah pernikahan, kamu tidak boleh merasa kesepian atau ditinggalkan sendirian. Jika sepanjang waktu kamu terasa seperti waktu sendirian dan pasanganmu tidak terlibat denganmu atau sebaliknya, maka kalian berdua tidak lagi berada di landasan pernikahan yang kokoh.

4. Tidak Ada yang Menyenangkan dalam Hubunganmu

Ketidaksepakatan dan kompromi adalah bagian tak terpisahkan dari pernikahan, tetapi juga sangat penting untuk memiliki saat-saat ringan ketika kalian berdua menertawakan hal-hal konyol, membuat lelucon, dan lainnya. Jika waktu yang menyenangkan itu telah berlalu, dan kamu merasa bosan dengan pasangan, maka kamu tahu apa yang terjadi pada pernikahanmu.

5. Merahasiakan Segalanya Dari Pasangan

Pasangan harus menjadi orang kepercayaanmu atau kepercayaan itu hilang dan itu membuat hubunganmu hampa. Jika salah satu dari kalian tidak berbagi sesuatu atau kalian tidak ingin menceritakan apa pun kepada pasanganmu, itu berarti kamu membutuhkan konselor pernikahan.

6. Tindakanmu Membuat Pasanganmu Merasa Kesal

couple marah
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Pormezz

Bagaimana kamu mengunyah makanan, caramu berdandan, berbicara keras di telepon, jika semua hal ini berada di bawah kendali pasangan atau sebaliknya maka itu berarti ada sesuatu yang hilang. Tidak ada yang sempurna dan pasanganmu harus menerimamu apa adanya.

7. Terlalu Banyak Argumen

Jika sebagian besar percakapanmu berubah menjadi argumen konyol, maka itu adalah sinyal penting bahwa kalian berdua tidak berada di halaman yang sama dan kalian menginginkan hal yang berbeda. Kadang-kadang baik-baik saja tetapi sepanjang waktu mungkin tidak sehat. Bisa jadi tentang menyakiti seseorang dan yang lain menutupinya dengan argumen tapi pasti ada kekurangan komunikasi.

Ketika hubungan mulai goyah, akan lebih baik jika membicarakan hal tersebut dengan pasangan. Selain itu kamu juga bisa menghidupkan romansa awal bertemu dengan pasanganmu. 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela