Sukses

Relationship

Berpotensi Menghancurkan Hubungan, Kenali 6 Tanda Hubungan yang Tidak Sehat

Fimela.com, Jakarta Hubungan yang sehat seringkali memungkinkan kedua pasangan untuk tumbuh dan menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri. Ini biasanya dimungkinkan karena mereka berdua berniat membuat hubungan itu berhasil meskipun ada tantangan dan konflik.

Namun, hubungan bisa menjadi tak tertahankan bagi beberapa individu. Hubungan seperti itu dapat membuat pihak-pihak yang terlibat tidak bahagia dan tidak produktif. Hubungan yang tidak sehat dapat berdampak negatif pada kesehatan, kesejahteraan, dan kebahagiaan. Lalu seperti apa sih ciri dari hubungan yang tidak sehat? Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kontrol

Kontrol adalah salah satu karakteristik hubungan yang tidak sehat yang harus diwaspadai. Ini terjadi ketika salah satu pasangan memberikan pengaruh dan kontrol atas aktivitas pasangannya. Misalnya, mereka dapat memutuskan dengan siapa mereka bergaul, mengobrol di platform media sosial mereka, dan lainnya.

Selain itu, pasangan tersebut mungkin memutuskan siapa yang akan menjadi teman mereka dan bahkan memilih beberapa anggota keluarga mereka untuk berkomunikasi. Ketika kamu menemukan bahwa pasanganmu mengendalikan setiap aspek kehidupanmu, kamu berada dalam hubungan yang tidak sehat.

2. Kekerasan Fisik

Ketika salah satu pasangan melakukan pelecehan fisik terhadap pasangannya, kamu dapat yakin bahwa itu adalah salah satu kualitas hubungan yang buruk. Namun, benar-benar mencintai dan merawat pasangan akan memastikan mereka tidak mengalami bahaya.

Namun, jika salah satu pasangan terus menyakiti dan kemudian meminta maaf sambil menegaskan kembali cinta mereka, itu adalah hubungan yang tidak sehat. Pelecehan fisik tanpa perubahan, itu adalah tanda pernikahan yang berbahaya, dan bukan semata-mata pernikahan yang tidak sehat.

3. Pelecehan Emosional

Salah satu karakteristik yang diremehkan dari hubungan yang tidak sehat adalah pelecehan emosional. Ini melibatkan gaslighting, rasa bersalah, meremehkan rasa sakit dan ketakutan, harapan yang tidak realistis, menyalahkanmu atas masalah mereka, dan lainnya.

Pasangan yang menunjukkan kekerasan emosional biasanya membuat pasangannya merasa tidak dapat bertahan hidup tanpanya. Jadi mereka mengatur langkah-langkah untuk memastikan bahwa pasangan mereka terus kembali kepada mereka sambil menutup semua orang dalam hidup mereka.

4. Ketidakjujuran

Ketika pasangan menyimpan informasi satu sama lain atau berbohong tentang mereka, itu adalah salah satu karakteristik hubungan yang tidak sehat. Itu berarti bahwa mereka tidak cukup menghargai satu sama lain untuk mengatakan yang sebenarnya atau membiarkan mereka tahu apa yang terjadi dalam kehidupan pribadi mereka. Jika kamu mencintai dan menghormati pasangan, kamu tidak akan menyembunyikan apa pun dari mereka, terlepas dari konsekuensinya.

5. Tidak Hormat

Salah satu yang menarik dari hubungan yang sehat adalah rasa hormat. Ini adalah saat kamu menerima pasanganmu apa adanya. Jadi, meskipun mereka tidak setuju denganmu atau sebaliknya, kamu menghargai emosi dan perasaan mereka.

6. Kekerasan Seksual

Ketika pasangan dipaksa melakukan hubungan seksual dengan pasangannya tanpa persetujuan mereka, itu adalah salah satu karakteristik hubungan yang tidak sehat. Ini berarti bahwa pasanganmu tidak menghargai dirimu dan akan melakukan apa saja untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan.

Juga, ketika datang ke hubungan seksual dalam suatu hubungan, itu harus konsensual. Namun, ketika salah satu pihak terus memaksa pihak lain bertentangan dengan keinginan mereka, itu adalah pelanggaran hak mereka, dan itu adalah salah satu sifat hubungan yang tidak sehat.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading