5 Cara Tegarkan Diri saat Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Endah Wijayanti20 Agu 2022, 09:45 WIB
Diperbarui 20 Agu 2022, 09:45 WIB
perempuan cuek

Fimela.com, Jakarta Tak semua perasaan kita dibalas dengan kadar dan cara yang sama. Kadang seseorang yang kita cintai dengan sepenuh jiwa hanya menganggap kita sebagai teman biasa. Bahkan ada yang langsung menolak ketulusan cinta yang kita berikan padanya.

Mengalami cinta yang bertepuk sebelah tangan jelas sangat menyakitkan. Namun, jangan sampai kita terbelenggu dalam kesedihan. Kita tetap punya kemampuan dan kekuatan untuk kembali melangkah ke depan. Ada sejumlah cara sederhana yang bisa dicoba untuk tegarkan diri dan bangkit lagi setelah mengalami cinta sepihak.

 

 

1. Izinkan Diri untuk Bersedih agar Perasaan Lebih Baik

karakter zodiak
ilustrasi perempuan bunga/Photo by Alina Vilchenko from Pexels

Luapkan semua kesedihan dan kepedihan yang ada di dalam dada. Menangislah bila itu bisa membuat perasaan lebih baik. Menangis bukan tanda diri kita lemah. Hanya saja ini bisa jadi cara terbaik untuk membuat kita kembali kuat karena telah berani jujur pada diri sendiri. Setelah kita mengakui kalau diri kita terluka dan mencoba berdamai dengannya, beban kesedihan yang ada di dalam dada bisa sedikit berkurang.

 

 

2. Terima Kenyataan yang Ada

perempuan bahagia
ilustrasi tertawa memegang bunga/lookstudio/www.freepik.com

Kadang kita masih menyangkal kenyataan bahwa orang yang kita cintai dengan tulus ternyata hanya menganggap kita angin lalu. Namun, kalau kita terus menyangkal, yang ada kita malah menyiksa diri sendiri. Maka, terima saja kenyataan yang ada. Telan dulu pil pahit yang ada. Lalu, ikhlaskan dan lepaskan semua beban yang ada di dalam dada.

 

 

3. Luangkan Waktu untuk Merawat Diri Sendiri

rambut panjang bunga bahagia
ilustrasi perempuan cantik/farec/Shutterstock

Memaksakan hubungan yang tak bisa dua arah hanya akan membuat kita menderita. Mengutip buku How to Love, cinta yang bertepuk sebelah tangan itu melelahkan dan menyedihkan karena tidak bersifat dua arah. Meskipun arahnya benar, sudut pandang yang tidak sejajar akan menyebabkannya terdistorsi. Hubungan akan macet jika keinginan antara pemberi dan penerima tidak bertemu dengan baik. Saat cinta bertepuk sebelah tangan, maka ini bisa jadi waktunya bagi dirimu untuk meluangkan lebih banyak waktu untuk diri sendiri. Saatnya untuk membahagiakan diri dengan cara yang paling kita suka dan membuat kita nyaman.

 

 

 

 

4. Hargai Semua Usaha Terbaik yang Sudah Dilakukan

bunga matahari kalem bahagia baik cantik
ilustrasi perempuan tersenyum/Quality Stock Arts/Shutterstock

Satu hal yang membuat kita sangat sedih ketika mengalami cinta bertepuk sebelah tangan adalah kita merasa telah kehilangan bagian berharga dari diri kita. Kita sudah mencurahkan perasaan dengan segenap hati tapi kita tidak dihargai, dan ini bisa sangat melukai harga diri kita. Untuk itu, kita perlu menghargai kembali semua usaha yang sudah kita lakukan. Setidaknya dari proses mencintai dan menyukai seseorang, kita bisa mengenal diri sendiri lebih baik dalam menata hati kita.

5. Nyalakan Harapan Baru dalam Hidup

bunga anggrek
Ilustrasi perempuan yang suka bunga anggrek/copyright shutterstock.com/Mariia Boiko

Relakan cinta sepihak itu. Lalu, buat sesuatu yang baru pada dirimu. Entah dari segi penampilan, kebiasaan baru, atau rutinitas baru. Yang penting perubahan tersebut merupakan hal positif untuk membuat kualitas hidup lebih baik. Nyalakan juga harapan baru yang lebih baik dalam hidup sebagai sumber motivasi baru untuk tetap melangkah ke depan dengan baik.

Semoga hatimu jadi lebih kuat dan tangguh lagi, ya. Walau prosesnya tidak mudah tapi selama kamu memilih untuk berjuang dan bertahan maka itu sudah menjadi sebuah pencapaian luar biasa tersendiri untukmu.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela