5 Cara Move On dari Kandasnya Hubungan Jarak Jauh

Endah Wijayanti03 Sep 2022, 08:45 WIB
Diperbarui 03 Sep 2022, 08:45 WIB
dampak negatif media sosial

Fimela.com, Jakarta Mempertahankan hubungan jarak jauh (long distance relationship) tidak mudah. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi. Bahkan perjuangan untuk sekadar bertahan saat terpisah jarak cukup berat.

Ketika hubungan jarak jauh tak bisa dipertahankan, perpisahan bisa menjadi pilihannya. Kandasnya hubungan jarak jauh bisa meninggalkan luka mendalam, tapi bagaimanapun juga tetap perlu melangkah ke depan dan melanjutkan hidup. Ada sejumlah cara yang bisa dicoba untuk move on dari kandasnya hubungan jarak jauh.

1. Terima Semua Perasaan yang Hadir

perempuan kesepian
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/wolfstudiobkk

Mengutip laman Marriage, bagian penting dari menyikapi kandasnya hubungan jarak jauh adalah mengizinkan dan membiarkan diri merasa semua perasaan kuat dan menyakitkan yang dirasakan. Mengizinkan diri menerima semua emosi dan perasaan yang ada akan membantu kita untuk memulihkan diri lebih cepat dari rasa sakit dan terluka yang ada.

2. Mengambil Jeda dari Internet

perasaan kesepian
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Saat menjalin hubungan jarak jauh, komunikasi yang dilakukan serba daring menjadi jembatan untuk mempertahankan hubungan yang ada. Ketika hubungan tersebut kandas, perlu juga mengambil jeda dari internet. Seperti melakukan detoks media sosial untuk membantu kita membuat batasan dan mengambil jarak dari mantan kekasih. Rehat sejenak dari internet bisa jadi penanda untuk mengawali lembaran hidup yang baru.

 

3. Habiskan Waktu Bersama Orang-Orang Terkasih

perempuan dan kesepian
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/BaanditStudio

Terhubunglah kembali dengan orang-orang terkasih seperti teman, sahabat, atau keluarga. Kandasnya hubungan jarak jauh memang menyakitkan, tetapi masih ada banyak hubungan dan ikatan yang tetap perlu kita jaga sebaik-baiknya dengan orang-orang yang sebelumnya sudah hadir dalam hidup kita. Setidaknya terhubung kembali dengan orang-orang terkasih dapat membangkitkan semangat hidup kita lagi.

4. Eksplorasi Hal-Hal Baru

perempuan dan rekomendasi buku kesepian
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/farknotarchitect

Coba hobi baru atau kegiatan baru. Mengeksplorasi hal baru bisa bantu memulihkan diri. Bahkan mengekspresikan diri melalui hobi baru bisa bantu menguraikan rasa kesepian atau kesedihan yang dirasakan karena kandasnya hubungan jarak jauh. Kesibukan baru bisa membuat perhatian jadi teralihkan dan tidak terpuruk terlalu lama dalam rasa sedih.

 

 

5. Syukuri Semua Momen

perempuan dan menyikapi rasa kesepian
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Semua momen kebersamaan dan perjuangan mempertahankan hubungan jarak jauh akan selalu ada di dalam hati. Syukuri saja kehadiran semua momen tersebut. Masalah dan persoalan hidup yang hadir menjadi bagian dari pembelajaran untuk menempa mental kita jadi lebih kuat seiring waktu berjalan. Realitas ini perlu kita terima dan kita perlu berdamai dengan itu agar bisa menjalani hidup dengan lebih tegar.

Semoga ke depannya ada cinta baru yang menyambut hidupmu, ya. Terima kasih sudah bertahan dan memilih melangkah ke depan.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela