Sukses

Relationship

5 Alasan Ini Meyakinkan Kita Untuk Tidak Balikkan ke Mantan yang Mencampakkan

Fimela.com, Jakarta Daripada mengingat-ingat kembali memori indah yang bisa bikin balikan sama mantan, pertimbangkan 10 alasan terbaik untuk tidak kembali dengan mantan yang mencampakkan. Tentu hal itu demi kewarasan dan ketenangan pikiran sendiri.

Tapi, bisa jadi kita lupa bagaimana rasanya dicampakkan, karena mantan mendekati lagi dan berencana menyambung hubungan. Alasannya bisa saja tulus, tapi sepertinya bisa lebih jauh manipulatif.

Pelatih kesehatan emosional dan kesadaran Pooja Priyamvada membagikan 5 alasan kenapa balikan ke mantan yang sudah mencampakkan akan merugikan kita. Berikut 5 alasannya melansir dari bonobology;

1. Berdampak buruk untuk harga diri kita

Kata-kata seperti 'dibuang' atau dicampakkan punya rasa devaluasi dan penghinaan. Balikan sama mantan yang membuang kita akan merusak harga diri.

"Ingatkan diri sendiri bahwa kita pantas mendapatkan yang lebih baik. Hanya pemikiran seperti itu yang akan membantu kita membuka diri untuk menerima lebih banuak dari kehidupan," ujar Pooja.

Kelilingi diri kita dengan orang-orang yang membuat kita merasa dihargai. Secara sadar, hal itu membangun harga diri kita.

2. Dapat mempertahankan siklus ketergantungan yang tidak sehat

Kembali pada mantan sering terjadi karena kita tidak tahu bentuk keintiman sehat lainnya. Sebab itu kita berasumsi bahwa tidak akan dapat bertahan tanpa mantan, tidak peduli seberapa buruknya dia memperlakukan kita dalam hubungan.

Codependency dalam hubungan disebabkan oleh harga diri yang rendah dan ketakutan akan pengabaian. Penting untuk diingat bahwa kodependen memiliki waktu yang sangat sulit untuk melupakan suatu hubungan.

 

3. Kamu mencari kenyamanan, bukan pertumbuhan

Ini menunjukkan bahwa kita enggan mengambil risiko, seperti kita ingin mencari kenyamanan, bukan pertumbuhan. "Mantan ingin saya kembali setelah mencampakkan saya," suara self-talk ini akan menahan dan membatasi pertumbuhan kita.

Personal growth berasal dari zona yang sedikit tidak nyaman. Ini bisa jadi menakutkan tapi juga sebuah petualangan, katakan tidak pada mantan dan lihatlah fase ini sebagai kesempatan untuk pertumbuhan diri.

4. Beberapa isu tidak bisa didamaikan, mengapa kembali dengan mantan?

Jika mantan kamu tidak akan mengubah beberapa pola perilaku mereka seperti selingkuh atau pelecehan, maka, masalah ini akan terus muncul ke permukaan dan membuat kita terluka lagi dan lagi. Bahkan jika ada perselingkuhan , bentrokan nilai dan prioritas, masalah kepercayaan, kehilangan penerimaan, cinta dan rasa hormat, kemungkinan masalah yang sama akan muncul lagi, karena tidak dapat didamaikan.

5. Balikan sama mantan artinya tidak cukup menghargai diri sendiri

Jangan pernah mengambil kesempatan balikan dengan mantan yang mencampakkan kita karena hal itu hanya akan memperburuk perasaan. Jika mantan kamu telah melampaui batas berkali-kali dan kamu masih berasumsi tidak bisa hidup tanpa mereka, itu artinya kita menerima semua omong kosongnya.

Buktikan pada diri sendiri jika kita dapat berdiri tegak untuk masa depan. Saatnya mengambil keputusan yang benar dan memulai petualangan baru.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading