6 Tips Move On dari Hubungan Jangka Panjang yang Telah Berakhir

Gayuh Tri Pinjungwati05 Sep 2022, 17:15 WIB
Diperbarui 05 Sep 2022, 17:15 WIB
perempuan sedih depresi

Fimela.com, Jakarta Tidak ada yang lebih sulit untuk move on dari hubungan jangka panjang. Tidak mudah untuk melepaskan diri dari seseorang yang telah menjadi bagian dari hidupmu untuk waktu yang lama. Kehilangan orang itu seperti kehilangan salah satu tanganmu atau bahkan separuh tubuhmu lumpuh. Sepertinya hidup tidak akan pernah sama lagi.

Namun, jika karena alasan tertentu, hubungan itu berantakan dan kamu tahu itu tidak akan pernah bisa diperbaiki, maka melepaskan adalah satu-satunya cara untuk maju. Terutama jika salah satu dari kalian telah jatuh cinta atau kamu memiliki perbedaan yang tidak dapat didamaikan, maka mengakhiri hubungan tidak bisa dihindari.

Ini mungkin proses yang sulit dan panjang, nah berikut ini adalah tips untuk move on dari hubungan jangka panjang yang telah berakhir. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Menangislah jika boleh, tetapi jangan bunuh diri

Menangis setelah hubungan berakhir adalah hal yang wajar. Kamu adalah manusia normal, jadi biarkan dirimu mengekspresikan rasa sakit yang kamu rasakan. Namun, jangan berpikir untuk berhenti dari segalanya. Ada lebih banyak hal dalam hidup daripada memiliki pasangan. Oleh karena itu, jangan pernah biarkan depresi membawamu ke titik akhir hidup. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan bahkan jika kamu masih lajang.

2. Singkirkan barang-barang mantanmu

Salah satu cara terbaik untuk move on lebih cepat dari perpisahanmu adalah dengan menyingkirkan barang-barang yang diberikan mantanmu kepadamu, atau barang-barangnya yang masih kamu miliki. Melihat orang-orang di sekitar akan selalu mengingatkanmu tentang rasa sakit. Jika kamu tidak tahan untuk membuang atau membakar barang-barang itu, kamu memiliki pilihan untuk memberikannya atau mengembalikannya kepada mantanmu.

Yang ini tidak mudah dilakukan, karena sulit untuk melepaskan diri dari satu-satunya hal yang bisa memberimu harapan untuk mendapatkan kembali mantanmu. Namun, kamu harus bijaksana, atau kamu akan menderita untuk waktu yang lama. Ada banyak hal lain yang bisa kamu lakukan untuk move on dari perpisahan yang menyakitkan. Yang kamu butuhkan hanyalah kesediaan untuk melakukannya, bahkan jika itu menyakitkan.

3. Jika perlu, pindah ke lingkungan baru

perempuan sedih
ilustrasi perempuan yang sedih/copyright freepik.com/jcomp

Ini hanya disarankan jika kamu dan mantan berbagi lingkungan yang sama seperti tempat kerja, dan menabrak satu sama lain membuatmu sulit untuk berfungsi secara produktif. Jika kehadirannya tidak tertahankan atau kebersamaan di satu tempat menimbulkan efek negatif pada lingkunganmu, maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan untuk pergi sejenak atau untuk selamanya. Lingkungan baru dapat membantumu bergerak lebih cepat juga.

4. Jadilah positif tentang masa depan

Jika kamu terus berfokus pada kerugianmu saat ini, kamu akan berkecil hati. Karena itu, dorong dirimu untuk memimpikan masa depan yang lebih cerah. Pikirkan tentang mengejar impianmu sehingga kamu akan sukses suatu hari nanti. Akan buruk jika kamu berakhir sebagai pecundang dalam cinta dan karier. Juga, jadilah positif bahwa seseorang yang lebih baik dimaksudkan untukmu, dan suatu hari nanti jalanmu akan bertemu. Jadilah bersemangat tentang hal itu.

5. Putuskan untuk menjadi diri sendiri yang lebih baik

Klise, tapi bermanfaat. Gunakan perpisahan sebagai motivasi untuk memperbaiki diri. Ini bukan untuk balas dendam. Sebaliknya, ini adalah panggilan untuk menemukan kembali dirimu, sehingga pada saat kamu memasuki suatu hubungan, kamu dapat menghindari kesalahan yang sama yang berkontribusi pada kegagalan hubunganmu. Juga, ini adalah pengingat bagi dirimu sendiri bahwa kamu pantas diperlakukan lebih baik, dan bahwa kamu tentu pantas mendapatkan yang terbaik dalam segala hal.

6. Rasakan nikmatnya melajang

Ada banyak hal yang tidak bisa kamu lakukan saat menjalin hubungan. Ingat, jika kamu memiliki pasangan, kamu perlu berkonsultasi dengannya untuk keputusan seperti menerima tawaran pekerjaan di luar negeri atau pergi ke luar kota selama berhari-hari bersama teman-temanmu. Itulah mengapa kamu lebih baik menikmati kesempatan bebas ini lagi. Begitu kamu menemukan cinta baru, kebebasanmu akan dibatasi lagi.

Melupakan seseorang yang telah lama tinggal bersama kita tentu akan lebih sulit. Move on dibutuhkan waktu, bergantung seberapa besar niatmu untuk melakukannya. 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela