Menghilang Tanpa Kabar, Ini 6 Tips Move On dari Hubungan yang Berakhir Tanpa Penutupan

Gayuh Tri Pinjungwati06 Sep 2022, 16:15 WIB
Diperbarui 06 Sep 2022, 16:15 WIB
patah hati

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu tahu bagaimana rasanya ketika hubunganmu berakhir tanpa penutupan yang tepat? Ini seperti mati dengan urusan yang belum selesai. Jiwamu tidak memiliki kedamaian. Bagaimana dengan ditinggalkan tanpa kesempatan untuk bertanya mengapa dia meninggalkanmu, menjadi perasaan yang sangat menyakitkan.

Mengasihani diri sendiri, kepahitan, dan kemarahan adalah di antara emosi utama yang ditimbulkan dalam perisitiwa semacam ini. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat membantumu melepaskan dan move on dari hubungan tanpa penutupan. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Permintaan penutupan

Kamu adalah bagian lain dari hubungan itu. Karena itu, kamu berhak meminta penjelasan atas akhir yang tiba-tiba. Cobalah berbicara dengan mantanmu untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang sopan. Yakinkan dia bahwa kamu tidak akan bersikeras untuk kembali bersama. Yang kamu butuhkan hanyalah memahami banyak hal dan sedikit rasa hormat.

2. Berhenti menjangkau jika tidak ada tanggapan

Jika terlepas dari upayamu untuk menjangkau mantanmu mengabaikan atau bahkan menghindari dirimu, maka berhentilah. Tinggalkan sedikit kebanggaan untuk diri sendiri. Berhentilah mengejar orang itu, karena itu hanya membuatmu terlihat menyedihkan.

3. Beri diri sendiri ruang

perempuan merenung
ilustrasi perempuan sedih/Photo by Agung Pratama from Pexels

Pada titik ini, semuanya tampak membingungkan. Ada pertanyaan yang belum terjawab, dan kamu bingung antara berharap dan membenci. Istirahat, ambil liburan dan bersenang-senanglah. Memang, kamu tidak bisa menghindari menangis dan merenungkan apa yang terjadi, tetapi setidaknya cobalah untuk rileks dan menenangkan pikiranmu.

4. Hindari terlalu banyak berpikir

Jangan terlalu memikirkan situasi, ini akan membuatmu stres. Carilah beberapa hal untuk membuat pikiranmu sibuk. Berkonsentrasilah pada pekerjaanmu atau aktivitas lainnya. Temukan hobi baru atau temukan kembali hobi lama. Alihkan dirimu dari pikiran-pikiran yang membuat depresi.

5. Terbuka terhadap kemungkinan rekonsiliasi

perempuan menangis
ilustrasi sedih/PR Image Factory/Shutterstock

Karena hubunganmu telah berakhir tanpa penutupan, kamu dapat mempertimbangkan kemungkinan bahwa mantanmu hanya bingung saat ini. Dia mungkin hanya membutuhkan ruang. Jangan tutup pintu dulu karena mungkin ada kesempatan kedua untuk kalian berdua.

6. Jangan terlalu berharap

Meski begitu, jangan terlalu berharap untuk kembali bersama. Kecuali itu terjadi, tidak ada jaminan untuk itu. Ya, memang baik untuk meninggalkan harapan di hatimu, tetapi terlalu banyak harapan hanya dapat menyebabkan kekecewaan.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk melupakan dia yang telah meninggalkanmu tanpa alasan yang jelas. Kamu berhak untuk mendapatkan sosok yang lebih baik. 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela