5 Alasan Tidak Usah Balikan dengan Mantan yang Meninggalkanmu

Febi Anindya Kirana07 Sep 2022, 14:15 WIB
Diperbarui 07 Sep 2022, 14:15 WIB
hubungan cinta

Fimela.com, Jakarta Banyak perempuan merasa ia masih memiliki peluang untuk memperbaiki hubungan cinta yang sudah hancur sehingga berpikir untuk memberikan kesempatan pada mantan agar balikan. Tapi tahukah kamu mengapa kesempatan itu sebaiknya dipikirkan dengan matang?

Karena ada kemungkinan besar kesempatan itu hanya akan membawa kerugian untukmu. Daripada mengharapkan pria yang sudah meninggalkanmu untuk kembali, pilihlah untuk move on dan menjalani kehidupanmu yang baru. Ini sekian alasan tidak usah balikan dengan mantan yang sudah meninggalkanmu.

1. Buruk untuk dirimu sendiri

couple kencan bahagia
ilustrasi pasangan cinta/Kmpzzz/Shutterstock

Tentu saja, terkadang kamu dan pasangan harus menekan ego masing-masing atau tidak memedulikan harga diri untuk bisa menyelamatkan hubungan cinta, tapi jika si mantan sendiri yang sudah memutuskan untuk pergi, mengapa masih mengharapkannya? Secara kasar, kamu sudah dicampakkan dan 'dibuang' olehnya. Jika kamu berpikir untuk membiarkan mantan itu kembali ke dalam hidupmu, berarti kamu tidak menghargai dirimu sendiri. Kembali dengannya hanya akan memperburuk keadaan.

2. Tanda ketergantungan yang tidak sehat

pasangan cinta berpelukan
ilustrasi couple bahagia/Olena Yakobchuk/Shutterstock

Kembali dengan mantan seringkali tidak akan memiliki masa depan yang baik, karena kamulah yang kembali akan berjuang sendiri, berkompromi sendiri, menyesuaikan diri lagi dengan segala keburukannya. Kamu bertahan untuknya karena apa? Jika karena merasa takut kehilangan, berarti kamu dalam situasi Codependency, terlalu bergantung pada pasangan disebabkan oleh kepercayaan diri yang rendah dan takut ditinggalkan. Itu sangat tidak sehat.

3. Mencari rasa nyaman, tidak berkembang

pasangan bahagia
ilustrasi pasangan cinta/photo created by freepik - www.freepik.com

Ketika kamu memutuskan balikan dengan mantan dan bukannya move on, tandanya kamu lebih mencari kenyamanan dalam hubungan, bukannya berkembang dan tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik karena ssudah belajar dari pengalaman buruk. Kamu didorong untuk menjadi lebih baik ketika dihadapkan pada tantangan. Itu bisa menakutkan tetapi juga merupakan sebuah petualangan. Lihatlah fase perpisahn sebagai kesempatan untuk pertumbuhan diri, bukannya kembali ke keterpurukan.

4. Beberapa masalah tidak akan terselesaikan

pasangan kencan
ilustrasi pasangan cinta/gowithstock/Shutterstock

Jika kamu adalah pihak yang lemah, maka keburukan sikap dari mantan akan kembali seperti siklus yang terus berputar tanpa penyelesaian. Jika mantan tidak mengubah beberapa pola perilaku buruk mereka seperti selingkuh, meanipulatif dan melakukan kekerasan fisik dan verbal, maka sia-sia kamu memberinya kesempatan untuk kembali padamu. Masalah akan tetap terjadi lagi, dan kamulah yang tetap menjadi korban.

5. Kamu dan dia bukan orang yang sama lagi

karakter zodiak
ilustrasi pasangan cinta/Photo by Trung Nguyen from Pexels

Setelah ia pergi meninggalkanmu, baik dia maupun dirim sudah tidak sama seperti yang dulu. Akan sulit menumbuhkan kepercayaan yang sama seperti awal jatuh cinta. Kamu merasakan sakit hati, terluka dan memalui proses penyembuhan putus cinta. Sedikit demi sedikit kamu belajar, tumbuh dan sadar bahwa dirimu juga berharga. Tapi jika itu tidak kamu rasakan dan lebih memilih balikan, maka selamat, kamu akan tetap menjalani cinta menyakitkan seperti dulu.

Itu sekian alasan mengapa tidak usah balikan lagi dengan mantan dan sebaiknya kamu move on saja.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela