5 Alasan Mencintai Diri Sendiri Bisa Membuatmu Makin Bahagia

Endah Wijayanti09 Sep 2022, 16:15 WIB
Diperbarui 09 Sep 2022, 16:15 WIB
self-love

Fimela.com, Jakarta Begitu banyak cara yang bisa dipilih untuk bahagia. Berbagai metode dan pendekatan pun bisa kita ambil untuk mendapatkan kebahagiaan yang kita inginkan. Bagi yang saat ini sedang berusaha untuk menemukan kembali kebahagiaan dari dalam diri bisa dimulai dengan kembali mencintai diri sendiri.

Mencintai diri sendiri bisa jadi pintu awal yang membuka lebih banyak kenyamanan dan kebahagiaan. Bahkan sering kita mendengar pentingnya bisa mencintai diri sendiri lebih dulu sebelum mencintai orang lain. Hal itu karena mencintai diri sendiri memang bisa bantu menguatkan jiwa dan hati kita dalam menjalani hidup. Serta membantu kita untuk meraih kebahagiaan dalam hidup.

 

1. Motivasi Hidup Tetap Menyala

Self-Love
Ilustrasi/copyright shutterstock

Motivasi hidup bisa naik dan turun. Semangat menjalani keseharian pun kadang bisa berubah-ubah. Mencintai diri sendiri bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga motivasi hidup tetap menyala. Mengutip buku How to Love, cinta begitu penting karena kekuatannya merupakan penggerak dasar yang menciptakan motivasi. Cinta ada di balik alasan dan sumber kekuatan untuk hidup. Saat kita bisa menghadirkan cinta untuk diri sendiri, maka kita bisa menghadirkan sumber kekuatan di dalam diri untuk senantiasa bertahan menjalani hidup.

2. Tidak Capek Lagi Mencari Validasi

self love
Ilustrasi/copyrightshutterstock/sun ok

Validasi kadang jadi hal yang paling kita inginkan sebagai syarat untuk bahagia. Pujian orang lain atau kekaguman orang lain kadang menjadi hal yang paling kita inginkan agar bahagia, lalu ketika tak bisa mendapatkannya kita meratapi segalanya. Padahal tak harus mencari validasi dari orang lain untuk bahagia. Saat kita sudah mencintai diri sendiri, kita tak lagi membuang waktu dan energi untuk mencari validasi dari orang lain dan ini membuat hati jadi lebih nyaman.

 

 

3. Mudah Mengapresiasi Hal-Hal Sederhana

self love-kezo
ilustrasi memanjakan diri/unsplash

Saat makin mencintai diri sendiri, kita akan lebih peka dengan semua hal yang kita rasakan. Hal ini pun membantu kita untuk lebih menghargai hidup. Serta membantu kita untuk lebih mudah mengapresiasi hal-hal sederhana. Hati pun jadi makin mudah bersyukur, dan ini dapat menjadi sumber kebahagiaan kita setiap waktu.

 

4. Tidak Lagi Terobsesi dengan Standar Hidup Orang Lain

self love
ilustrasi bahagia mencintai diri sendiri/Photo by Đàm Tướng Quân from Pexels

Membanding-bandingkan diri dengan orang lain bisa membuat kita makin gelisah. Sebab selalu ada yang tampak lebih baik, lebih kaya, lebih bahagia, dan lebih segalanya. Ketika kita sudah lebih mencintai diri sendiri, maka kita bisa lebih fokus dengan kehidupan kita sendiri dan tidak terobsesi dengan standar hidup orang lain. Perasaan puas diri bisa lebih mudah kita dapatkan dari hal-hal yang kita usahakan tanpa membuang-buang waktu membuat terlalu banyak perbandingan.

5. Punya Sikap yang Lebih Tegas

love self
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Krakenimages.com

Mencintai diri sendiri bukan berarti kita jadi pribadi egois atau narsis yang hanya mementingkan diri sendiri. Melainkan kita tahu mana yang baik dan buruk untuk diri kita. Kita bisa lebih mudah memilah prioritas-prioritas hidup yang lebih penting. Seperti dalam menjalin hubungan, kita bisa lebih mawas diri agar tidak terjebak dalam hubungan yang toxic.

Mencintai diri sendiri bisa menjadi proses pembelajaran seumur hidup. Mari kita sambut hidup yang lebih baik dan lebih bahagia dengan memulainya dari dalam diri sendiri.

 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela