Sukses

Relationship

5 Cara Memulihkan Harga Diri saat Cintamu Bertepuk Sebelah Tangan

Fimela.com, Jakarta Saat cintamu bertepuk sebelah tangan, harapan hidup seakan memudar. Semangat untuk melanjutkan hidup pun rasanya sudah luntur. Selain itu, harga diri juga rasanya ikut hancur.

Ketika orang yang kita suka ternyata tak punya perasaan yang sama, harga diri kita rasanya bisa ikut terluka. Dirimu yang sudah mencurahkan banyak perasaan dan harapan padanya pun seperti menjadi perempuan bernasib paling malang di dunia. Hanya saja hidup terus berputar, dan kamu pun tak bsia terus menerus terpuruk dalam kesedihan. Saatnya untuk kembali bangkit dan memulihkan harga diri.

 

 

1. Sayangi Kembali Diri Sendiri

Pada akhirnya orang terpenting yang perlu kembali dipeluk dan disayangi adalah diri sendiri. Cintamu yang begitu dalam pada seseorang ternyata tak mendapat balasan seperti yang diharapkan. Ketika tak bisa lagi mengharapkan atau mengusahakan mendapat balasan cinta, maka saatnya untuk merawat diri lebih baik lagi.

 

 

2. Hadirkan Pengalaman Baru

Menghadirkan pengalaman baru seperti berlibur ke suatu tempat untuk tenangkan diri bisa bantu pulihkan harga diri. Pengalaman baru yang kita dapat bisa membantu kita untuk lebih menyayangi diri sendiri dan mengapresiasi kehidupan yang kita jalani. Mengutip buku How to Respect Myself, jika kita mencintai diri sendiri maka hidup akan menjadi lebih mudah. Kita merasa seperti ada yang menemani meskipun berjalan sendirian. Kita tidak terlalu terganggu walaupun merasa kesepian. Cinta bertepuk sebelah tangan memang menyakitkan, tapi diri kita masih punya lebih banyak kesempatan untuk menghadirkan kebahagiaan dan berbagai pengalaman baru.

 

 

3. Ambil Pelajaran dari Kesalahan

Mengutip buku Merawat Luka Batin, manusia sangat wajar melakukan kesalahan, mengalami kegagalan, merasa gugup, tidak cakap dalam hal tertentu, atau marah. Saat cintamu bertepuk sebelah tangan, mungkin kam cenderung menyalahkan diri sendiri. Ada hal-hal yang membuatmu merasa malu karena telah salah langkah atau salah bersikap. Namun, membuat kesalahan itu manusiawi. Kini, yang perlu dilakukan adalah mengambil pelajaran atau hikmah dari kesalahan yang ada. Lalu, fokus jalani masa kini dengan hati yang baru.

 

4. Berhenti Mencari Perhatian

Ketika kamu menyukai seseorang, kamu cenderung melakukan banyak hal untuk menarik perhatiannya. Kamu bahkan rela keluar dari zona nyamanmu demi bisa mendapat sedikit perhatian atau respons darinya. Kini, ketika kamu tahu cintamu tak berbalas, saatnya untuk lebih tegas lagi dalam bersikap. Tak perlu lagi mencari perhatiannya, tapi fokus saja dengan melakukan hal-hal yang membuat dirimu merasa lebih bahagia dan nyaman.

5. Tekuni Hal yang Disukai

Saatnya untuk kembali menekuni hal yang kamu sukai. Entah itu di bidang pekerjaan atau minat dan hobi, menekuni hal yang kita sukai bisa menghadirkan kepuasan batin. Hal ini pun bisa membuat harga diri meningkat karena ada rasa percaya diri yang ikut membaik di dalam diri.

Semoga rasa sakit dan luka hatimu bisa segera sembuh dan pulih, ya. Yakin saja cinta yang lebih baik akan hadir di waktu yang paling tepat untukmu.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading