Sukses

Relationship

5 Cara agar Hatimu Tidak Gampang Dipermainkan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Kita tak bisa selalu menebak isi hati atau niat seseorang dengan tepat. Adakalanya orang yang tadinya begitu dekat dan kita sayangi malah melukai hati kita. Seseorang yang sudah kita perlakukan dengan baik pun kadang malah mengkhianati.

Dalam hidup, salah satu hal yang paling tak kita inginkan terjadi adalah saat hati kita dipermainkan oleh orang lain. Kita memang tak bisa mengatur cara orang lain memperlakukan kita, tapi kita masih bisa membekali diri dengan sejumlah cara sebagai benteng agar hati kita tidak mudah dipermainkan oleh orang lain.

 

 

1. Lebih Fleksibel dalam Meletakkan Harapan

Kita bisa menjaga diri agar tidak gampang terpuruk dengan lebih fleksibel dalam meletakkan harapan. Misalnya, saat menyukai seseorang, sukai secukupnya tanpa harus terobsesi berlebihan. Tak harus melambungkan harapan yang terlalu tinggi pada hubungan yang baru dijalani. Mengutip buku Merawat Luka Batin, tidak ada yang memastikan kita mendapakan yang kita inginkan. Mengharuskan diri mendapatkan apa yang diinginkan justru membuat kita rentan kecewa. Jadi, penting bisa lebih fleksibel dalam mengatur ekspektasi atau harapan, agar ketika kenyataan ternyata berbeda kita tak merasa kecewa berlebihan.

 

 

2. Jangan Mudah Percaya dengan Rayuan

Dalam hubungan asmara, hati-hati dengan rayuan. Apalagi kalau ada seseorang yang baru kenal dan hadir dalam hidupmu tapi sudah menghujanimu dengan banyak rayuan, ada baiknya untuk lebih berhati-hati ketika bersamanya. Hati kita bisa mudah melunak saat diberi rayuan atau pujian, tapi kita masih bisa mengendalikan pikiran untuk tidak terlalu terhanyut dalam kata-kata yang cuma manis di mulut.

 

 

3. Berani Bersikap Tegas

Kalau ada hal atau perlakuan orang lain yang membuatmu tak nyaman, tak apa untuk menyampaikan rasa tidak nyamanmu. Berani bersikap tegas demi kenyamanan diri bisa membantumu jadi pribadi yang lebih kuat dan tidak mudah dipermainkan. Mengendalikan hati dan perasaan tak selalu mudah, tetapi kita bisa mengatur sikap dan perilaku kita untuk mengutamakan ketegasan agar tidak mudah dipermainkan.

 

 

 

 

4. Hadirkan Standar Kebahagiaanmu Sendiri

Tak harus menunggu validasi atau balasan cinta dari orang lain untuk membuatmu bahagia. Hatimu bisa tetap kuat dengan cara menghadirkan atau menciptakan kebahagiaanmu sendiri. Kadang orang yang mempermainkan hati kita merasa punya celah untuk menjadi "pahlawan" untuk hidup kita. Jadi, saat kita bisa menunjukkan bahwa kita bisa bahagia dengan cara kita sendiri, orang lain tidak akan sembarangan mempermainkan perasaan kita.

5. Kenali Kelebihan dan Kekurangan Diri

Mengenali diri sendiri bisa bantu menata hati lebih baik lagi. Saat kita sudah tahu apa yang kita mau dalam hubungan, kita bisa lebih mudah menetapkan cara untuk kita pilih dalam mencapai tujuan tersebut. Ketika ada orang yang berniat untuk mempermainkan diri kita sendiri, intuisi kita bisa lebih peka lagi. Sehingga kita bisa lebih mudah membedakan mana orang yang tulus dan mana yang cuma mau mempermainkan kita.

Walau mungkin tidak selalu mudah dalam menjaga hati agar tidak gampang dipermainkan orang lain, tapi setidaknya cara-cara di atas bisa memudahkan kita untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading