5 Cara Mengubah Perpisahan sebagai Awal Hidup Baru yang Lebih Baik

Endah Wijayanti16 Sep 2022, 13:15 WIB
Diperbarui 16 Sep 2022, 13:15 WIB
perempuan dan diremehkan

Fimela.com, Jakarta Baru putus dengan kekasih hati bisa membuat hari terasa berbeda. Mengalami perpisahan bisa memudarkan harapan hidup. Berpisah dengan seseorang yang sudah sangat dekat di hati tidak pernah mudah.

Sebuah perpisahan bisa menjadi titik balik kehidupan kita. Walau menghadirkan pengalaman pahit, perpisahan bisa kita ubah jadi awal lembaran hidup yang lebih baik. Ada hal-hal yang masih bisa kita upayakan untuk bisa kembali bangkit dan move on dari perpisahan.

 

 

1. Sudahi Rasa Bersalah

perempuan dan usia 20an
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/lookstudio

Apa pun rasa bersalah yang menyertai, coba untuk sudahi saja. Berakhirnya sebuah hubungan tidak selalu menjadi hal buruk. Bahkan bisa jadi hal baik. Baik untuk dirimu, baik juga untuknya. Yakin saja keputusan yang diambil untuk berpisah memang demi kebaikan bersama. Tak perlu berlarut-larut dalam rasa bersalah atau terus menerus menyalahkan diri sendiri.

 

 

2. Izinkan Perasaan Negatif Berlalu

tegarnya hidup perempuan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Semua rasa tak nyaman yang hinggap biarkan berlalu. Tak perlu memaksakan diri untuk mencegahnya hadir, tapi biarkan untuk hadir lalu berlalu. Mengutip buku Merawat Luka Batin, semakin ingin kita mengusir kesedihan, kekecewaan, kecemasan, penolakan, dan rasa sakit, semakin lama perasaan ini menetap. Perasaan tak nyaman yang hadir ini sifatnya sementara, jadi perkuat keyakinan bahwa semua yang berlalu memang perlu dibuat berlalu. Agar ruang di hati lebih lapang menyambut perasaan-perasaan baru yang lebih nyaman.

 

 

3. Bahagiakan Diri Sendiri

perempuan tersenyum
Tersenyum./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Kamu sudah cukup banyak menghabiskan waktu dan energi untuk hubungan yang pada akhirnya tak bisa dipertahankan. Sudah banyak hal yang kamu lakukan dan korbankan untuk membahagiakan pasangan yang kini sudah menjadi mantan. Sekarang, coba alihkan fokus pada dirimu sendiri. Hadirkan lebih banyak cinta untuk diri sendiri. Lakukan hal-hal yang bisa membuatmu merasa nyaman dan bahagia saat ini sebab yang dirimu berhak bahagia dengan cara yang paling kamu suka.

 

 

4. Nyalakan Harapan yang Lebih Baik

perempuan dan pikiran saat bekerja
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Harapan yang dulu pernah ada sudah kandas. Dulu kamu bisa berharap menghabiskan sisa hidup dengan orang yang kamu pilih, tapi kini itu sudah berakhir. Walau sempat terpuruk, kamu masih punya kesempatan untuk membuat harapan baru. Perkuat harapan baik untuknya dan dirimu sendiri. Perbaiki dan kuatkan harapan baru bahwa seseorang yang lebih tepat akan hadir di waktu yang paling indah untukmu.

 

 

5. Buat Rencana Hidup yang Baru

perempuan dan bekerja produktif
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Ada lembaran baru yang kini terbuka untukmu. Tugasmu hanya mengisinya dengan hal-hal yang lebih baik. Walau mungkin kamu masih tertatih dan masih sedih dengan perpisahan yang terjadi, kamu masih punya kesempatan untuk merangkai kembali jalan hidup yang lebih indah. Kembalilah lagi menekuni hal-hal yang kamu cintai. Kerahkan lagi energi positif untuk membuat pengalaman dan pencapaian baru dalam hidup.

Semoga perpisahan yang terjadi tak membuatmu tenggelam dalam kesedihan, ya. Saatnya untuk melangkah lagi ke depan dengan hati yang baru.

 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela