Sukses

Relationship

5 Cara Menghadapi Teman yang Egois tanpa Drama

Fimela.com, Jakarta Memiliki teman yang egois pastinya sangat menjengkelkan. Bahkan, tak semua orang mampu menghadapinya dan parahnya jalan terbaik ialah mengakhiri hubungan pertemanan. Secara harfiah, menurut KBBI, egois artinya mementingkan diri sendiri.

Dikutip dari Everyday Health, orang egois memiliki ciri-ciri diantaranya mementingkan kepentingan diri sendiri. Ia juga hanya peduli pada kebutuhan serta keinginannya, tidak bisa melihat pandangan orang lain, dan tidak peduli pada orang lain.

Namun, bagaimana jika teman tersebut adalah satu-satunya yang kamu miliki. Apakah ada cara lain untuk menghadapi seseorang yang egois? Untuk jawabannya, langsung saja, yuk, simak artikel ini sampai akhir.

1. Memahami keadaan mereka lebih dalam

Memahami bukan berarti kamu menerima semua sifat egois mereka. Namun, kamu bisa lebih mengenali keadaan mereka lebih dalam. Apakah sifat egois tersebut karena keadaan atau memang sifat bawaan mereka.

Jika memang sifat bawaan, kamu bisa memberikan motivasi pada mereka untuk tidak melakukan hal tersebut. Kamu bisa berkomunikasi dan tanyakan secara baik-baik mengapa ia bersikap seperti itu.

2. Jangan mudah tersinggung

Jangan mudah tersinggung dengan teman yang egosi, karena hal tersebut hanya akan membuat perasaanmu tertekan sendiri. Kamu tidak bisa mengendalikan orang lain, tapi kamu bisa mengendalikan diri sendiri untuk tidak tersinggung dan membebani pikiran.

3. Jangan mudah berasumsi

Jangan mudah berasumsi tentang pribadi atau masalah orang lain. Untuk menghindari kesalahpahaman, kamu bisa meminta mereka untuk menjelaskan beberapa hal. Sebagai contoh, bagaimana ia bisa bersikap egois. Namun pastikan menggunakan bahasa yang halus agar tidak menyakiti perasaannya.

4. Beri ruang sejenak pada diri sendiri

Jika temanmu sudah bersikap egois secara berlebihan, kamu bisa meninggalkannya sejenak. Memberikan ruang pada diri sendiri untuk berpikir jernih. Jangan pernah melawannya dengan emosi yang meledak-ledak karena hanya akan memperkeruh keadaan.

Pikirkan secara matang apakah kamu tetap harus berteman dekat dengan ia atau kamu harus memberitahunya secara perlahan. Pikirkan semua solusi dan pertimbangan-pertimbangan lain yang untuk hubungan ke depannya.

5. Abaikan

Langkah terakhir untuk menghadapi teman egois ialah mengabaikannya. Memang tidaklah mudah, tapi kamu harus bisa untuk menjaga pertemananmu dengannya. Namun, jika ia bukan teman dekat atau seseorang yang berarti buatmu, tidak ada salahnya jika menjaga jarak.

Nah, itu dia beberapa tips menghadapi teman yang egois. Salah satu teman kamu ada yang begitu gak?

Penulis: Nur Faizah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading