5 Alasan Tak Perlu Minder saat Penghasilanmu Lebih Besar dari Pasangan

Endah Wijayanti19 Sep 2022, 13:15 WIB
Diperbarui 19 Sep 2022, 13:15 WIB
pasangan dan topik tentang uang

Fimela.com, Jakarta Masalah uang bisa jadi perkara yang sensitif dalam sebuah hubungan. Seperti ketika penghasilan kita lebih besar daripada penghasilan pasangan, ada hal-hal yang perlu dikomunikasikan untuk mencegah munculnya masalah yang lebih besar. Sebagai perempuan, kita pun tak perlu malah makin minder kalau penghasilan kita lebih tinggi dari pasangan.

Hadirnya cinta saja tak cukup untuk menjalin hubungan yang kuat dan langgeng. Hal-hal yang berkaitan dengan uang dan finansial pun perlu dibicarakan. Tak perlu merasa insecure atau malah tidak enak hati jika penghasilan kita lebih banyak selama bisa dikomunikasikan lebih terbuka dengan pasangan.

 

 

1. Memiliki Penghasilan Membantu Kita Lebih Siap Hadapi Hal Tak Terduga

perempuan dan pasangan di sofa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/prostock_studio

Punya gaji lebih tinggi dari pasangan bukan berarti kita jadi pribadi egois dan mau menang sendiri. Justru dengan penghasilan yang kita punya, setidaknya kita bsia lebih siap menghadpi hal-hal yang tak terduga dalam hidup. Setidaknya dengan hidup lebih mandiri pakai uang sendiri, kita tak akan terlalu merepotkan orang lain jika ada kebutuhan mendadak atau keperluan yang membutuhkan uang dalam waktu cepat.

 

 

2. Punya Uang Bisa Membuat Kita Justru Lebih Bijaksana

perempuan dan pasangan sofa bersama
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/prostock_studio

Karena kita tahu sulitnya mencari uang, kita bisa jadi lebih bijak dalam membelanjakannya. Ketika menjalin hubungan, kita pun bisa lebih mudah mengatur prioritas bersama. Kita bisa lebih bijak membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan, sehingga tidak hidup terlalu boros atau berlebihan. Memegang uang membuat kita terbiasa mengaturnya sebaik mungkin sesuai kebutuhan.

 

 

 

 

3. Memiliki Penghasilan Memberi Kebebasan

perempuan dan pasangan minum kopi
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/whyframe

Saat menjalin sebuah hubungan tentu saja ada banyak hal yang perlu dikompromikan. Masalah uang dan finansial juga perlu dibicarakan dan dikompromikan bersama. Kita bisa memiliki kebebasan dan fleksibilitas sendiri dengan penghasilan yang kita punya. Kalau hubungan belum beranjak ke jenjang pernikahan, setidaknya kita tak gampang merasa insecure jika suatu saat hubungan ternyata perlu diakhiri demi kebaikan bersama.

4. Menjadi Berdaya, Menjadi Lebih Mudah Bahagia

perempuan dan pasangan yang tampak bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Kiwis

Kita bisa lebih bertanggung jawab atas kebahagiaan kita dengan terbiasa mandiri dan mencukupi kebutuhan sendiri. Mengutip buku The Psychology of Money, "Kebahagiaan adalah subjek rumit karena semua orang berbeda. Namun, jika ada kesamaan umum di kebahagiaan (bahan kebahagiaan universal) itu adalah bahwa orang ingin memegang kendali atas hidupnya." Punya penghasilan membuat kita lebih berdaya dan memiliki kendali atas sebagian aspek kehidupan kita, dan ini membuat kita lebih mudah untuk menciptakan kebahagiaan kita.

 

 

5. Bisa Saling Menguatkan saat Ada Masalah

pria perempuan rekan kerja pasangan
ilustrasi /TimeImage Production/Shutterstock

Ketika misalnya pasangan kehilangan pekerjaan atau tak punya penghasilan karena situasi yang terjadi di luar dugaan, kita setidaknya bisa bantu saling menguatkan kembali. Seperti ketika kita sudah punya dana darurat, maka kita tak akan terlalu terpuruk saat menghadapi situasi yang membuat kita terpojok. Punya penghasilan lebih tinggi dari pasangan tak semestinya membuat kita minder jika pasangan kita juga bisa diajak berkompromi dan membangun komitmen menjalin hubungan yang kuat bersama.

Semoga hubungan yang kamu jalin bisa kuat dan langgeng, ya. Intinya memang perlu ada komunikasi yang jujur dan terbuka kalau sudah membahas soal uang dan finansial bersama.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓