5 Ciri-ciri Suami Selingkuh Menurut Psikologi, Wajib Diwaspadai

Senjie Nuraini21 Sep 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 21 Sep 2022, 12:31 WIB
Ilustrasi selingkuh

Fimela.com, Jakarta Perselingkuhan terjadi ketika seseorang menjalin hubungan dengan orang lain tanpa sepengetahuan pasangannya. Perselingkuhan termasuk salah satu perbuatan yang dianggap sangat buruk oleh banyak orang.

Banyak orang menganggap selingkuh sama dengan berkhianat. Hal ini dikarenakan berselingkuh sama saja mengkhianati kepercayaan yang telah diberikan oleh pasangannya sendiri. Dengan melakukan perselingkuhan, orang tersebut juga telah berbohong dengan pasangannya sendiri.

Tidak ada satupun orang di dunia ini ingin diselingkuhi, baik itu perempuan atau laki-laki. Hal ini dikarenakan selingkuh bisa meninggalkan luka serta trauma yang mendalam untuk pasangan yang diselingkuhi. Apapun alasannya, selingkuh sama sekali tidak bisa dibenarkan.

Ternyata ada beberapa tindakan yang menjadi ciri-ciri bahwa pasangan atau suamimu sedang selingkuh. Apa saja? Berikut beberapa tindakan atau hal yang menjadi ciri-ciri suami selingkuh menurut psikologi.

Ciri-ciri Suami Selingkuh Menurut Psikologi

couple
Ilustrasi suami selingkuh/copyrightshutterstock/polkadot_photo

1. Kebiasaan yang Berubah

Tentunya sebagai istri pasti sudah hafal dengan hal-hal apa saja yang menjadi kebiasaan suami. Misalnya, bagaimana gaya berpakaian mereka, bagaimana tatanan rambut mereka, atau aroma parfum mereka.

Ketika pria berselingkuh, ia akan cenderung ingin terlihat lebih menarik di depan wanita yang menjadi incarannya. Oleh sebab itu, mereka akan mengubah sedikit demi sedikit kebiasaan mereka sesuai dengan selera wanita yang menjadi incarannya dengan harapan mereka dapat wanita tersebut. Meskipun tak semua perubahan kebiasaan merupakan tanda perselingkuhan, namun tidak ada salahnya kamu mulai siaga pada perubahan suami yang cukup mencolok disertai dengan tanda-tanda lainnya.

2. Bertengkar karena Alasan Sepele

Ketika suami berselingkuh ia akan cenderung sering memulai pertengkaran dengan pasangannya. Pertengkaran ini biasanya terjadi tanpa alasan yang jelas atau karena alasan yang sepele.

Pertengkaran ini bisa menjadi tanda yang harus kamu perhatikan. Pada beberapa kasus, beberapa pria sengaja memicu pertengkaran agar pasangannya merasa terluka kemudian meminta agar mereka berpisah. Namun dalam beberapa kasus pula, pertengkaran tersebut dapat berujung pada kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

3. Tidak Peduli

Jika seseorang sudah menemukan orang baru di luar hubungannya dengan pasangan, maka perhatiannya pun akan berubah. Ia tidak akan lagi memerhatikan pasangannya seperti sebelumnya.

Biasanya suami akan bertingkah lebih cuek seperti tidak lagi menanyakan kabar, tidak menjawab atau hanya menjawab dengan singkat saja ketika ditanyai, dan tingkah laku lainnya yang menunjukkan ketidak pedulian.

Dalam beberapa kasus, beberapa pria dapat bersikap tidak peduli secara terang-terangan. Misalnya dengan menolak kontak fisik dengan cara menghardik, atau bahkan tidak menganggap pasangannya ada dan berharga- tidak seperti dia yang dulu.

Ciri-ciri Suami Selingkuh Menurut Psikologi

Selingkuh
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

4. Bersikap Impulsif

Sikap impulsif adalah sikap seseorang yang selalu berubah-ubah tergantung dengan suasana hatinya.  Berdasarkan ilmu psikologi, orang yang bersikap impulsif cenderung mudah merasa bosan dan seluruh aktivitasnya sangat ditentukan oleh mood atau suasana hati.

Ciri-ciri suami selingkuh menurut psikologi adalah sikap impulsif ini. Jika ia sedang merasa senang, tidak akan ada masalah. Namun jika mood-nya sedang buruk maka ia bisa berubah jadi kasar bahkan tidak segan-segan untuk melukaimu baik secara verbal atau fisik.

5. Sering Menghilang

Ciri-ciri suami selingkuh menurut psikologi lainnya adalah kebiasaan “menghilang” secara mendadak. Tiba-tiba saja ia jadi sulit dihubungi. Biasanya, kebiasaan ini disebabkan karena ia terlalu asyik dan sibuk menghabiskan waktu dengan selingkuhannya ditambah rasa cintanya pada istri sah sudah berkurang dan perhatiannya kini terlalu fokus pada selingkuhannya.

Itu dia 5 ciri-ciri suami selingkuh menurut psikologi. Mungkin tidak semua tanda menunjukkan kalau suamimu selingkuh, namun ada baiknya untuk mulai waspada. Jangan lupa untuk memperkuat komunikasi di antara kalian berdua agar permasalahan yang ada dapat diatasi sebelum semakin membesar.

 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela