Sukses

Relationship

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Selingkuh

Fimela.com, Jakarta Menghadapi pasangan yang tidak setia dengan melakukan perselingkuhan memang menyakitkan. Banyak alasan yang menyebabkan seseorang selingkuh, entah karena bosan, merasa tidak puas dengan pasangannya sendiri, atau alasan lainnya. Namun bagi kita yang harus melewati fakta menyakitkan ini sangat sulit untuk menghadapinya. Ingin bertahan namun sakit hati, ingin berpisah namun masih menyimpan rasa sayang.

Perselingkuhan memiliki dampak besar pada berjalannya hubungan. Apapun penyebabnya, perselingkuhan akan meninggalkan perasaan yang rumit untuk diselesaikan. Melansir dari Verywell Mind, berikut cara mengatasi sakit hati akibat pasangan berselingkuh.

1. Terima dan Validasi Perasaan

Syok, kecewa, depresi, hingga bingung adalah hal yang normal dirasakan saat mengetahui pasangan berselingkuh. Beberapa orang mungkin akan memaksakan diri terlihat tegar dan baik-baik saja dengan menolak perasaan sebenarnya, namun ini adalah tindakan yang kurang tepat. Perasaan yang dipendam akan semakin buruk di kemudian hari. Terimalah dan validasi perasaanmu. Menangis saat merasa sedih itu normal, jangan tahan emosimu.

2. Rawat dan Jaga Diri Sendiri

Mengetahui kabar buruk secara tiba-tiba mungkin akan membuatmu merasakan reaksi fisik akibat stres seperti diare, pusing, mual, dan kehilangan tenaga. Tak hanya itu, stres yang melanda akan berdampak pada sulit berkonsentrasi, gemetar, hilang napsu makan atau bahkan makan terlalu banyak. Rawat dan jaga diri karena kesehatan fisik dan mental saling mempengaruhi. Istirahat cukup, minum banyak air, dan konsumsi makanan sehat agar kesehatan tetap terjaga.

3. Jangan Mengambil Keputusan Terburu-buru

Saat mengetahui kabar buruk, seseorang cenderung akan merasa takut. Tetap bersama atau berpisah dengan pasangan yang ketahuan berselingkuh adalah keputusan yang sulit dipilih. Jangan ambil keputusan dengan tergesa-gesa karena merasa takut. Keputusan yang diambil dengan gegabah berpotensi membuatmu menyesal dikemudian hari. Luangkan waktu sebanyak mungkin untuk memikirkan keputusan yang sebaiknya diambil.

4. Rehat dari Dunia Sosial

Dilanda masalah perselingkuhan, tak jarang gosip menyebar dengan cepat. Mendengar komentar orang lain akan masalah yang dihadapi malah membuatmu semakin terpuruk. Istirahatlah dari hal yang mungkin akan menganggu ketenangan hatimu. Rehat dari dunia sosial bukan berarti harus menarik diri dan tidak kembali lagi, cukup ambil waktu sejenak untuk menenangkan diri dan kembali saat sudah merasa siap.

5. Terapi dengan Ahli

Stres akut dan rasa sedih yang tidak terbendung dikhawatirkan akan mempengaruhi kesehatan mental. Saat merasa sulit untuk mengendalikan diri sendiri dan hilang arah, temuilah ahli untuk melakukan konseling. Mungkin bercerita dengan orang lain yang dapat menjamin kerahasiaan ceritamu akan membuat hati sedikit terobati. Terapis berpengalaman dapat membantumu menvalidasi perasaan.

Perselingkuhan adalah masalah yang dapat berakibat retaknya suatu hubungan. Bicarakan jujur dengan pasangan dan pelan-pelan carilah jalan keluar terbaik.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading