8 Tanda Kamu Berada di Hubungan Toxic yang Penting Diketahui

Mimi Rohmitriasih26 Sep 2022, 19:45 WIB
Diperbarui 26 Sep 2022, 19:45 WIB
pertengkaran

Fimela.com, Jakarta Saat menjalin hubungan asmara, setiap orang pada dasarnya berharap berada dalam hubungan yang bahagia, penuh cinta dan kenyamanan di dalamnya. Sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkan hubungan yang seperti ini.. Beberapa orang pada kenyataannya sering terjebak pada hubungan toxic yang sama sekali tidak bikin bahagia. 

Hubungan toxic dalam asmara merupakan hubungan yang tidak saling mendukung satu sama lain. Hubungan toxic atau hubungan yang tidak sehat umumnya membuat orang yang berada dalam hubungan ini merasa tidak nyaman, sering tersakiti dan kecewa. Meski begitu, karena alasan tertentu beberapa orang tetap bertahan pada hubungan ini. 

Mengenai hubungan toxic, apa sih tanda hubungan yang toxic? Mengutip dari laman yourtango.com, ini beberapa tanda hubungan toxic. Cari tahu apakah kamu berada di hubungan toxic ini atau tidak Sahabat Fimela.

Sering Bertengkar

Mudah Menyalahkan Orang Lain
Ilustrasi Pertengkaran Credit: pexels.com/VeraArsic

Pertengkaran dalam hubungan memang menjadi seni tersendiri yang bisa menguatkan hubungan. Namun, jika pertengkaran sangat sering terjadi, ini bisa sebagai tanda hubungan tersebut toxic. Pertengkaran yang sering terjadi juga menandai bahwa hubungan tersebut tidak membawa kebahagiaan pada dua orang yang sedang menjalinnya.

Tidak Adanya Dukungan

pasangan putus
ilustrasi pasangan bertengkar/photo created by drobotdean - www.freepik.com

Hubungan toxic juga ditandai dengan tidak adanya dukungan dari pasangan. Ketika kamu menjalin hubungan namun merasa seperti tidak memiliki pasangan, tidak pernah didukung oleh pasangan dan tidak merasa pasangan memiliki perhatian, ini bisa sebagai tanda dari toxic relationship.

Komunikasi Buruk

Ilustrasi suami istri bertengkar karena Matematika
Ilustrasi (dok.pexels)

Komunikasi yang buruk dalam hubungan juga sebagai tanda hubungan tidak sehat atau hubungan toxic. Komunikasi yang buruk berisi ejekan, teriakan, cekcok, hinaan bahkan kalimat yang menyakiti hati dengan nada merendahkan.

Cemburu Berlebihan

pasangan bertengkar
ilustrasi/garetsworkshop/Shutterstock

Cemburu dalam hubungan sebenarnya baik. Namun jika cemburu ini sudah berlebihan, ini bisa menjadi tanda dari hubungan toxic. Pasangan yang cemburu berlebihan hingga membatasi segala aktivitasmu, menutup akses komunikasi antara kamu dengan sahabat, kerabat juga teman dan sering marah karena cemburu, ini sebagai salah satu tanda hubungan toxic. 

Tidak Adanya Rasa Percaya

pasangan bertengkar
ilustrasi pasangan bertengkar/photo created by yanalya - www.freepik.com

Tidak adanya rasa percaya antara satu sama lain juga sebagai tanda hubungan toxic. Kepercayaan adalah hal yang sangat penting dalam hubungan. Dan ketika kamu kehilangan kepercayaan ini dalam hubungan, itu sebagai tanda bahwa hubungan yang ada tidak sehat, tidak bahagia dan tidak memberikan kenyamanan.

Tidak Adanya Kejujuran

Ilustrasi suami istri bertengkar karena Matematika
Ilustrasi (dok.pexels)

Sama seperti tidak adanya rasa percaya, tidak adanya kejujuran juga sebagai tanda hubungan toxic. Hubungan yang awalnya sering terjadi perengkaran, hilangnya rasa percaya, lambat laun akan meningkatkan risiko hilangnya kejujuran dan rasa percaya diri. Ini karena seseorang akan merasa khawatir dan cemas ketika ia jujur dengan apa adanya dirinya.

Selalu Mengalah

pasangan bertengkar di rumah
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Yavdat

Pernah selalu mengalah pada pasangan? Jika iya coba cari tahu lagi apakah hubungan tersebut sehat atau tidak. Cari tahu alasan kenapa kamu sering mengalah ke pasangan. Umumnya, kebiasaan saling mengalah terjadi karena seseorang tidak ingin adanya pertengkaran atau cekcok jika ia mempertahankan kebenaran serta pendapatnya.

Tidak Bahagia

Putus
Ilustrasi Bertengkar dengan Pasangan Credit: pexels.com/cottonbro

Hubungan yang hoxic juga ditandai dengan tidak adanya rasa bahagia di hatimu. Ketika kamu menjalin hubungan namun sering sakit hati, kecewa dan terluka, bisa jadi kamu berada di hubungan toxic. Perasaan tidak bahagia karena toxic relationship juga sering menimbulkan rasa kesepian. 

Itulah beberapa tanda dari hubungan yang toxic. Apakah kamu berada dalam hubungan toxic juga Sahabat Fimela? Jika iya, coba telaah lagi apakah ke depannya hubungan ini akan membaik atau tetap sama bahkan lebih menyedihkan. Putuskan lagi untuk tetap bertahan pada hubungan toxic atau memberanikan diri keluar dari hubungan ini demi bahagiamu serta bahagia orang-orang terdekatmu terutama keluargamu. 

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela