7 Cara Menolak Cinta dengan Halus Tanpa Menyakiti

Kezia Prasetya Christvidya01 Okt 2022, 11:01 WIB
Diperbarui 01 Okt 2022, 11:01 WIB
pengagum rahasia bahagia kencan

Fimela.com, Jakarta Tak ada orang yang senang dengan penolakan. Namun, terkadang kita harus melakukan penolakan terhadap suatu hal yang tidak disukai. Salah satunya adalah menolak cinta.

Menolak cinta bisa membuat seseorang merasa sedih dan tersakiti. Apalagi jika menerima penolakan dari orang yang dicinta secara mentah-mentah dan kasar. Kalau ada orang yang menyatakan cinta padamu, ada baiknya untuk mengungkapkan perasaan dan menolak secara halus.

Penolakan cinta dengan cara halus bisa membuat hubungan menjadi lebih baik. Kamu tetap bisa menjalin hubungan dengannya dan tidak saling menyakiti satu dengan lainnya. Berikut cara menolak cinta dengan halus tanpa menyakiti:

Cara Menolak Cinta dengan Halus

putus cinta patah hati
ilustrasi Cara Menolak Cinta dengan Halus/TimeImage Production/Shutterstock

1. Lakukan dengan Tenang

Jika ada seseorang yang menyatakan cinta padamu, sebaiknya lakukan penolakan dengan sikap yang tenang. Jangan terbawa emosi berlebihan saat menolak seseorang. Sikap yang tenang akan membuat pikiranmu lebih jernih, sehingga bisa menolak dengan kata-kata yang halus.

2. Mengucapkan Terimakasih

Ada baiknya untuk mengucapkan terimakasih pada orang yang menyatakan cinta padamu. Ucapan terimakasih ini dapat mengapresiasi perasaannya dan menghargai keberaniannya. Jangan gengsi mengucapkan terimakasih dan minta maaf padanya.

3. Bicara dengan Jujur

Cara yang selanjutnya adalah berbicara dengan jujur. Utarakan alasan dan perasaanmu yang sebenarnya kepadanya. Lebih baik berbicara terus terang dan jangan berbohong, agar tidak ada hati yang tersakiti atas ucapan dan kata-kata yang terucap.

Cara Menolak Cinta dengan Halus yang Selanjutnya

pasangan bahagia
ilustrasi Cara Menolak Cinta dengan Halus/copyright by gpointstudio (Shutterstock)

4. Jangan Memberikan Harapan

Saat menolak cinta, sebaiknya jangan memberikan harapan palsu. Harapan palsu bisa membuat seseorang semakin tersakiti dan berekspektasi. Jika benar-benar tidak mau, cukup ucapkan tidak tanpa ada janji apapun.

5. Jangan Merendahkan

Cara menolak cinta yang terakhir adalah tidak merendahkan orang tersebut. Menolak cinta harus dilakukan dengan halus dan kata-kata yang lembut. Jangan berikan alasan untuk merendahkan orang itu, walaupun memang orang tersebut tidak termasuk dalam kriteriamu.

Kata-Kata Menolak Cinta dengan Halus

menikah bahagia kencan couple
ilustrasi Kata-Kata Menolak Cinta dengan Halus/polkadot_photo/Shutterstock

1. Aku sulit untuk berkata tidak, hingga saat ini aku tidak pernah memikirkan cinta. Aku rasa aku merasa nyaman tanpa pacaran. Aku juga tak cukup tahu tentang cinta. Maaf, ya.

2. Aku masih ingin sendiri tanpa menjalin hubungan apa-apa. Lebih baik kamu cari perempuan yang lain saja. Aku yakin kamu pasti bisa, karena kamu orang yang hebat.

3. Aku sulit untuk berkata tidak, tetapi aku sedang tidak memikirkan hal itu. Apalagi aku adalah perempuan yang egois dengan urusanku. Aku tidak pantas denganmu. Lagi pula banyak yang lebih baik dariku, mungkin kamu belum membuka mata. Maaf aku lebih memilih untuk sendiri.

4. Aku sangat bahagia bisa mengenalmu. Tetapi, kedua orangtuaku belum mengizinkanku memiliki kekasih. Maaf sekali lagi kalau aku telah membuatmu kecewa. Aku harap kamu bisa memakluminya.

5. Dari banyak perempuan di sekelilingmu kamu lebih pantas memilih yang lain, karena aku orang yang salah. Sampai saat ini, aku masih nyaman dengan kesendirianku.

6. Kita selalu bersama, bercanda tawa, dan tersenyum. Mohon jangan kau putuskan kebersamaan ini karena kesukaan dan perasaan. Aku rasa dengan kita berteman selama ini akan lebih baik daripada mengedepankan perasaan yang lebih.

7. Sahabat di dalamnya ada rasa cinta. Cinta yang tulus dan murni tak memandang apa-apa akan lebih indah jika rasa cinta utuh itu kita jaga. Maka ucapan cintamu padaku tak lebih dari seorang sahabat yang mengatakan cinta pada yang lainnya. Maaf aku masih memilih itu.

8. Mungkin aku kejam jika aku menolak cintamu. Aku mengerti apa yang kau rasakan, namun aku lebih ingin persahabatan kita lebih diutamakan. Itu akan lebih baik dari segalanya.

9. Selama ini kamu sudah kuanggap sebagai teman baikku dan sampai kapan pun akan seperti itu. Maaf, aku tidak bisa menerima cintamu. Bagiku engkau sudah seperti saudara dan aku tak ingin menghancurkan hubungan yang sudah ada ini.

10. Aku merasa bahagia bila bersamamu, tapi aku tidak menduga kamu menyimpan rasa sayang yang lebih kepadaku. Tapi aku takut akan menyakiti hatimu karena tidak mampu membuat kamu bahagia. Dan aku tidak bisa membohongi perasaanku sendiri. Maafkan aku karena tidak bisa menerima cintamu. Aku ingin kita tetap bersahabat untuk selamanya.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela