5 Prioritas yang Harus Dipertahankan dalam Hubungan Cinta

Febi Anindya Kirana02 Okt 2022, 12:15 WIB
Diperbarui 02 Okt 2022, 12:15 WIB
jawa couple bahagia menikah

Fimela.com, Jakarta Setiap pasangan mungkin memiliki prioritas yang berbeda-beda dalam menjalani hubungan, tapi ada beberapa prioritas yang mungkin harus dimiliki setiap pasangan agar cinta makin kuat dan ikatan hati makin erat. Ini beberapa prioritas dalam hubungan cinta yang perlu dimiliki agar cinta makin awet.

1. Hubungan cinta itu sendiri

memasak bersama romantis
ilustrasi pasangan cinta/Art_Photo/Shutterstock

Hubungan cinta itu sendiri adalah sesuatu yang perlu dijaga, jangan mudah bilang "putus" atau "cerai", memikirkan segalanya lebih mendalam sebelum membuat keputusan, mempertimbangkan kepentingan dua belah pihak dan lain sebagainya. Pernikahan atau hubungan cinta itu sendiri adalah kerja sama tim, ketika ada kekompakan di dalamnya, maka tim itu akan solid. Kamu dan pasangan mungkin harus sedikit berkorban, berkompromi dan mengalah, namun jika itu untuk keutuhan hubungan, maka lakukan.

2. Kebahagiaan satu sama lain

couple romantis bahagia
ilustrasi pasangan cinta/Twinsterphoto/Shutterstock

Jangan melupakan fakta bahwa kebahagiaanmu mungkin berbeda dari kebahagiannya. Kamu mungkin suka pergi ke mall, dan dia suka pergi ke gunung. Kalian bisa saling memberi waktu dan ruang untuk menikmati waktu masing-masing melakukan kegiatan yang disukai. Tidak ada yang saling menahan diri atau terlalu mengalah karena setiap pihak berhak mendapatkan kebahagiaanya masing-masing selama tidak keluar batasan dari pernikahan.

3. Rasa saling menghargai

couple bahagia cinta
ilustrasi pasangan hidup/Atitaph_StockPHoTo/Shutterstock

Kurangnya rasa menghargai dan menghormati pasangan tidak selalu ditunjukkan melalui pelecehan fisik dan verbal, tapi bisa juga dari hal-hal yang tampak remeh seperti memotong pembicaraan, mengabaikan pendapat dan menganggap diri sendiri lebih baik. Kurangnya mutual respek atau saling menghormati secara tidak langsung sudah melukai hubungan cinta itu sendiri. Penelitian bahkan membuktikan, meskipun cinta memudar tapi hubungan cinta yang saling menghargai bisa bertahan lebih lama.

4. Kejujuran dan kepercayaan

pasangan cinta bahagia
ilustrasi couple romantis/PeopleImages.com - Yuri A/Shutterstock

Kejujuran adalah landasan dasar sebuah hubungan cinta bisa bertahan dari kepalsuan. Ketika kejujuran itu sudah dibangun, secara alami kepercayaan juga akan terbentuk. Ketika kepercayaan terbentuk, maka kesetiaan akan mengikuti. Sepenting itulah kejujuran dalam hubungan cinta. Bahkan jika itu sesuatu yang kecil seperti kamu tidak menyukai caranya mengunyah, menaruh kaos kaki di lantai atau brewok yang tumbuh karena jarang bercukur.

5. Komunikasi

hubungan cinta
ilustrasi pasangan/copyright Shutterstock

Kamu akan sering melihat perubahan prioritas dalam hubungan cinta tergantung apa yang kalian hadapi saat itu, namun satu yang seharusnya tidak berubah dalam prioritas, yaitu komunikasi. Apa pun kondisinya, komunikasi harus dijaga dengan konstan. Tidak ada yang saling menyembunyikan perasaan dan masalah, segalanya perlu dibicarakan. Bukan hanya hal-hal baik saja, tetapi hal terburuk juga perlu dikomunikasikan.

Itu sekian prioritas dalam hubungan cinta yang membuat ikatan hati makin kuat.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓