4 Reaksi Umum Seseorang Saat Ketahuan Selingkuh, Salah Satunya Mengelak

Mimi Rohmitriasih03 Okt 2022, 14:35 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 14:38 WIB
selingkuh

Fimela.com, Jakarta Perselingkuhan dalam suatu hubungan menjadi salah satu hal yang begitu menyakitkan bagi pasangan. Karena perselingkuhan, hubungan yang telah terjalin lama, bahagia dan penuh cinta di dalamnya bisa saja hancur dan berantakan dalam sekejab. Kasus perselingkuhan bahkan bisa menyebabkan trauma mendalam dan sulitnya korban untuk menaruh rasa percaya ke orang lain bahkan ke orang-orang yang benar-benar tulus padanya. 

Mengenai perselingkuhan, mengutip dari laman liputan6.com sedikitnya ada empat reaksi umum yang ditunjukkan oleh seseorang yang ketahuan selingkuh. Reaksi ini dilakukannya untuk menutupi segala kesalahannya atau untuk mencoba agar pasangan tetap bertahan padanya meski ia sedang selingkuh. Apa saja reaksi tersebut?

Membalikkan Keadaan

Perselingkuhan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Reaksi pertama yang umum terjadi adalah membalikkan keadaan. Tidak sedikit orang yang telah terbukti berselingkuh justru menyalahkan pasangannya dan menuduh pasangan telah bermain api di belakangnya.

Tidak sedikit orang yang ketahuan selingkuh justru merasa kecewa dan marah besar serta menyalahkan pasangan atas apa yang terjadi padanya. Saat berada di situasi yang sulit, stres dan cemas, orang yang ketahuan selingkuh akan mencari berbagai cara untuk membenarkan apa yang dilakukan dengan menuduh pasangan melakukan apa yang telah ia lakukan.

Mengelak

selingkuh bertengkar curiga
ilustrasi pasangan cinta/TORWAISTUDIO/Shutterstock

Hampir semua orang yang berselingkuh akan mengelak dan tidak mengakui apa yang telah dilakukannya. Orang-orang ini akan berusaha menutup-nutupi kasus perselingkuhannya. Banyak orang yang kemudian pura-pura khilaf, merasa sangat bersalah dan seperti tidak tahu apa–apa dengan apa yang telah ia lakukan. 

Mengutip dari laman bonobology.com, Kavita Panyam, seorang psikologis klinis mengatakan, “Ada orang yang berusaha mengelak dengan apa yang ia lakukan. Ia justru menyalahkan orang lain bahkan berlagak sangat bodoh dan pura-pura tidak tahu apa-apa ketika pasangannya mengetahui ia selingkuh. Cara ini dilakukan agar pasangannya tidak menaruh curiga berlebih padanya.”

Meminta Maaf, Memberi Konpensasi Berlebih Atas Apa yang Dilakukan

Selingkuh
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Sebagian orang akan mengakui kesalahannya dan meminta maaf atas apa yang dilakukannya. Beberapa juga akan memberi konpensasi berlebih pada pasangan karena telah mengetahui ia berselingkuh. Hal ini dilakukan demi meredam emosi yang bisa hadir dalam hubungan. Ini juga dilakukan karena besar kemungkinan orang ini masih bergantung ke pasangan dan tak mau berpisah darinya meski ia terbukti membagi cintanya pada orang lain.

Sedih dan Depresi

Selingkuh
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Beberapa orang bisa saja sangat sedih dan depresi karena telah melakukan perselingkuhan. Ini terjadi pada orang yang mau mengakui kesalahannya dan benar-benar ingin memperbaiki semuanya. 

Itulah beberapa reaksi umum dari seseorang yang ketahuan selingkuh. Selain reaksi di atas, ternyata beberapa mungkin akan melakuka reaksi lain yakni gaslighting. Ini merupakan reaksi seseorang dengan menyalahkan pasangan dan membuatnya mempertanyakan perasaannya. Gaslighting adalah sikap di mana seseorang justru meminta pasangannya periksa ke psikologis karena telah menuduhnya selingkuh. 

Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita semua dijauhkan dari hubungan dengan perselingkuhan di dalamnya apalagi sampai adanya KDRT (kekerasan dalam rumah tangga). 

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela