5 Hal yang Membuatmu Terkesan Jutek dan Dingin Saat Berkirim Pesan

Febi Anindya Kirana03 Okt 2022, 16:45 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 16:45 WIB
karakter zodiak

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu merasa sedang berkirim pesan dengan orang yang menyebalkan karena balasan yang ia kirimkan selalu terkesan cuek dan dingin? Atau mungkin kamu yang sering seperti itu? Jika tak ingin dianggap buruk, pelajari sekian cara berikut agar tidak terkesan cuek dan dingin saat berkirim pesan dengan orang lain.

1. Mengirim pesan pendek-pendek

ghosting mengirim pesan memegang ponsel
ilustrasi perempuan bingung sedih/Kate Kultsevych/Shutterstock

Jangan mengirim balasan pesan yang pendek-pendek. Akan lebih baik jika kamu juga melemparkan sedikit basa-basi, pertanyaan balik atau kalimat yang lebih panjang untuk memberi kesan ramah dan santai. Misalnya kamu ditanya "Bisakah janji ketemuan hari Senin?" Jangan hanya dijawab "Ya, bisa", tapi balaslah "Kemungkinan besar bisa, saya tidak ada janji apa pun di hari itu." Orang yang membaca balasan tersebut akan merasa lebih nyaman. Jadi sebisa mungkin sesuaikan balasannya agar tidak tampak jutek dan cuek.

2. Lama sekali membalas

perempuan zodiak ponsel
Ilustrasi/Shutterstock.com/Sorapop Udomsri

Terkadang lama waktu membalas pesan juga tergantung seberapa serius dan besar kepentingan dari sebuah chat. Tapi akan lebih baik jika kamu cepat membalas pesan teks orang lain untuk menghargainya dan agar mereka tidak dibuat menunggu dengan cemas. Lama membalas pesan memberikan indikasi bahwa kamu tidak tertarik dan tidak suka berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang tersebut. Tidak membalas pesan dari orang yang lebih tua juga bisa dianggap tidak sopan.

3. Hindari pesan terlalu singkat

perempuan stres memegang ponsel
ilustrasi frustasi/copyright by Prostock-studio (Shutterstock)

Hindari mengirim pesan yang terlalu singkat seperti "ok, ya, gak, baik", atau bahkan "Y". Itu akan memberikan kesan sangat tidak baik. Kamu bukan hanya tidak menghargai orang yang mengirim pesan kepadamu tapi juga memberi kesan sombong dan susah didekati. Orang pasti tidak ingin berkirim pesan lagi denganmu atau bahkan lebih parahnya lagi akan membencimu di dunia nyata hanya karena pesan terlalu singkat yang kamu kirimkan padanya.

4. Tidak menggunakan emoji, GIF dan memes

perempuan ponsel ldr
Ilustrasi/Shutterstock.com/Tirachard Kumtanom

Apa gunanya aplikasi pesan teks memberimu fasilitas emoji, GIF dan memes? Untuk digunakan agar pesan teks tidak terkesan terlalu serius dan kaku. Ketiga hal itu akan mencairkan suasana dan bahkan bisa menghilangkan kesalahpahaman ketika berkirim pesan karena bagaimana pun kamu tidak tahu nada atau intonasi suara seperti apa yang ditunjukkan lawan bicara ketika hanya bertukar pesan teks.

5. Balasan terlalu serius dan formal

perempuan baju kuning bekerja tersenyum
ilustrasi mengirim pesan teks ponsel/GaudiLab/Shutterstock

Siapa pun yang menerima balasan pesan teks yang terlalu serius dan formal akan merasa canggung jika ingin memberi balasan yang lebih santai. Apalagi jika kamu membalas dengan tanpa selera humor. Orang pasti akan mengira kamu tidak bisa bercanda atau tak suka sesuatu yang lucu karena itu akan menyinggung perasaanmu. Itu yang membuatmu terkesan dingin dan membosankan.

Jika kamu menyadari sering melakukan sekian hal itu, bisa jadi kamu selalu memberi kesan cuek dan dingin saat berkirim pesan dengan orang lain.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela