Seperti Apa Rasanya Cinta? Ini 5 Tanda Kamu Mengalami

Febi Anindya Kirana05 Okt 2022, 11:45 WIB
Diperbarui 05 Okt 2022, 11:45 WIB
jatuh cinta mandiri mencintai diri sendiri dewasa single

Fimela.com, Jakarta Mungkin banyak orang mempertanyakan hal ini, seperti apakah rasanya cinta atau jatuh cinta? Apakah setiap orang merasakan hal yang sama ketika dirinya jatuh cinta, ataukah setiap orang memiliki tanda yang berbeda ketika mengalaminya? Mungkin tidak akan pernah ada kesimpulan tentang seperti apa rasanya cinta sebenarnya, tetapi kita bisa mengetahui seperti apa cinta itu dari sekian penjelasan berikut ini.

1. Ada nafsu tapi tidak besar

couple bahagia kencan
ilustrasi pasangan cinta/theshots.co/Shutterstock

Ketertarikan fisik selalu menjadi tahap pertama dari rasa suka, dan itu didasari oleh nafsu. Ketika sudah jatuh cinta kamu merasakan dengan hati sehingga nafsu tidak mengambil porsi besar atau jadi penentu utama. Kamu lebih mementingkan rasa sayang, perhatian, kenyamanan menghabiskan waktu bersama dan bahkan memikirkan kebahagiaannya. Ketika ada nafsu yang muncul, itu adalah bentuk kasih sayang fisik yang lembut dan tidak dipaksakan.

2. Cinta itu bersifat individual

Partner romantis
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Art_Photo

Perasaan cinta yang dirasakan sahabatmu mungkin tidak sama denganmu. Dia mungkin mendeskripsikan cinta sebagai perasaan campur aduk mendebarkan bagai naik roller coaster dengan sensasi gembira, cemburu, cemas dan penuh kejutan. Di sisi lain, kamu merasakan cinta itu luar biasa tenang. Debaran jantung itu tidak menggebu-gebu tapi dan kamu merasa damai. Tidak ada yang salah antara kalian berdua, karena setiap orang memproses cinta dengan caranya sendiri. Otak dan hati setiap manusia bereaksi berbeda saat jatuh cinta, jadi tidak ada aturan bakunya.

3. Kamu menyadarinya secara alami

Partner romantis
Ilustrasi/copyrightshutterstock/APIWAN BORRIKONRATCHATA

Kalimat seperti "Ya tahu aja, kalo itu cinta." mungkin terasa tidak menjelaskan apa pun tentang cinta itu sendiri, tapi itu benar adanya jika kita ingin mendeskripsikan cinta. You just know it. Terkadang hati memiliki misteri besar yang tidak kita ketahui seperti apa cara kerjanya, termasuk meyakini bahwa itu adalah cinta. Seperti jodoh, banyak orang merasa yakin dengan seseorang karena "tahu" secara insting, intuisi dan firasat jika itu adalah jodohnya.

4. Perubahan pada bahasa tubuh

pasangan bahagia kencan pacaran
ilustrasi pasangan cinta/TimeImage Production/Shutterstock

Daripada kamu sendiri yang mencoba menggambarkan seperti apa perasaan cinta itu, coba tanyakan orang di sekitarmu seperti apa kamu terlihat di mata mereka. Seringkali orang-orang di sekeliling kitalah yang bisa merasakan perubahan bahasa tubuh kita ketika sedang jatuh cinta. Dari raut wajahnya yang terlihat lebih santai dan bahagia, aura positif yang kamu tunjukkan, senyuman dan tatapan mata yang lebih hangat, cara berpakaian yang lebih baik, pembawaan diri yang percaya diri dan lain sebagainya.

5. Sifatmu berubah

pasangan kencan
ilustrasi pasangan bahagia/west_photo/Shutterstock

Seringkali hal yang bisa dilihat dari jatuh cinta adalah perubahan sifat atau kebiasaan. Pada dasarnya itu tidak bisa diubah tanpa pengaruh besar dalam hidup, dan cinta termasuk pengaruh besar yang bisa mengubah seseorang. Kamu mungkin menjadi lebih rajin berangkat pagi, lebih rajin beribadah, suka olahraga, sering makan di luar padahal dulu tidak, atau menjadi lebih sedikit memiliki waktu untuk keluar dengan teman. Kamu jadi lebih sabar, lebih bisa menepatkan diri di posisi orang lain atau justru sebaliknya. Cinta mengubah banyak hal dalam dirimu.

Jika semua tanda itu yang kamu rasakan di dalam dirimu, bisa jadi kamu memang jatuh cinta.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓