5 Cara Redakan Rasa Rindu pada Dia yang Menolak Perasaanmu

Endah Wijayanti15 Okt 2022, 11:45 WIB
Diperbarui 15 Okt 2022, 11:45 WIB
perempuan dan breaking 5

Fimela.com, Jakarta Merindukan seseorang yang kita sukai memang bisa membuat perasaan kita campur aduk. Rasa rindu pun jadi terasa getir ketika orang yang dirindukan tak bisa dimiliki. Merindukan seseorang yang tak membalas perasaanmu pun bisa membuatmu merasa sedih dan getir.

Lalu, bagaimana menyikapi rasa rindu yang ada? Untuk meredakan rasa rindu pada seseorang yang tak membalas perasaanmu, ada sejumlah cara yang bisa dicoba. Lima cara ini bisa jadi strategi sederhana yang dapat dipraktikkan untuk bantu tenangkan diri saat menghadapi rasa rindu yang hadir.

1. Akui Kehadiran Rasa Rindu Tersebut

perempuan dan breaking 3
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/geargodz

Rasa rindu yang hadir coba untuk diterima apa adanya. Akui keberadaan perasaan tersebut. Karena kadang kalau makin ditolak, rasa rindu tersebut bisa makin kuat dan menyiksa. Jadi, sebelum malah menyalahkan kehadiran rasa rindu, coba terima dulu perasaan tersebut.

2. Sampaikan Rasa Rindu

perempuan dan breaking 6
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Michael+D+Edwards

Umumnya cara terbaik mengobati rasa rindu adalah menyampaikannya pada orang yang dirindukan. Namun, kalau situasinya tak memungkinkanmu untuk menyampaikan rasa rindu padanya, coba untuk cari media atau cara lain menyampaikannya. Bisa melalui tulisan di jurnal atau bisa mengekspresikannya melalui karya seni. Setidaknya ada media yang bisa menampung dan mengalirkan perasaanmu supaya kamu tidak merasa kewalahan menghadapi intensitas rasa yang ada.

3. Atur Kembali Ekspektasi Diri

perempuan dan breaking 4
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/November27

Dia tak membalas perasaanmu. Dia menolak ketulusan hatimu mencintainya. Daripada makin sedih saat merindukannya, coba untuk menata ulang ekspektasi diri. Hapus harapan palsu yang ada di hati. Tak perlu melambungkan keinginan agar perasaan rindumu terbalas. Cukup kuatkan diri untuk tidak lagi terlalu bersinggungan dengan orang yang kamu rindukan tersebut. 

4. Fokus dengan Diri Sendiri pada Saat Ini

perempuan dan breaking tak lemah
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/farknotarchitect

Rasa rindu yang hadir mungkin dipicu oleh momen atau kenangan yang dulu pernah ada. Mungkin dulu kamu pernah punya kenangan tak terlupakan dengan orang yang kamu sukai tersebut, dan ingatan tentang hal itu memicu rasa rindu. Namun, sadari bahwa momen itu sudah berlalu. Cobalah untuk fokus dengan diri sendiri pada masa kini agar lebih mudah berdamai dengan yang sudah berlalu.

5. Lakukan Hal yang Disukai

perempuan dan breaking masih sayang
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/chombosan

Daripada menghabiskan waktu dan energi merasakan rasa rindu tersebut, cobalah untuk mengalihkan perhatian melakukan hal yang disukai. Apa pun hal yang bisa bantu tenangkan atau senangkan hati, coba lakukanlah. Hadirnya rasa rindu bukanlah salahmu. Jadi, tetap sayangi diri sendiri dulu apa adanya lebih dulu.

Semoga perasaanmu bisa membaik dengan menggunakan cara-cara di atas, ya. Terima kasih sudah bertahan dan melakukan semua upaya terbaik menjaga hatimu hingga saat ini.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓