Sukses

Relationship

5 Bukti Hatimu Makin Kuat saat Kembali Mencintai Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Hati yang pernah patah dan terluka memang takkan sama lagi. Pengalaman buruk, menyakitkan, dan tak menyenangkan memang bisa membuat kita seakan jadi orang yang paling tak berdaya. Bahkan kita pernah tenggelam dalam rasa terpuruk dan kehilangan semangat hidup.

Untuk bisa pulih dari pengalaman buruk dan hati yang terluka, kamu bisa kembali mencintai dirimu sendiri. Hatimu pun bisa makin kuat saat kembali mencintai diri sendiri. Dirimu berharga, sadari itu, maka yakinlah ada ketegaran dan ketangguhan baru yang aan hadir dalam dirimu.

1. Makin Baik Merawat Diri, Makin Baik Suasana Hatimu

Saat kamu kembali mencintai dirimu sendiri, kamu akan lebih memperhatikan dirimu dengan lebih baik lagi. Makin baik pula dalam merawat diri. Saat kondisi diri sudah tampak lebih baik, suasana hati pun bisa makin membaik. Ada hati yang ikut membaik seiring dengan upayanya berbuat baik pada diri sendiri juga.

2. Ada Rasa Nyaman saat Bisa Menerima Diri Sendiri Seutuhnya

Mencintai diri sendiri membantumu menerima diri sendiri seutuhnya. Ketidaksempurnaan yang ada pun kamu terima dengan tangan terbuka. Kelemahan dan kekurangan diri menjadi pemicu sendiri untuk senantias melakukan perbaikan dalam hidup. Kesalahan-kesalahan yang pernah kamu buat di masa lalu pun kamu anggap sebagai bagian dari proses pendewasaan diri.

3. Obsesi Membandingkan Diri dengan Orang Lain Sudah Berkurang

Mencintai diri sendiri bukan tindakan yang egois. Dengan sikap ini setidaknya kita tahu cara membuat batasan soal hal apa saja yang memang perlu kita perjuangkan dalam hidup, dan hal apa saja yang tak perlu dipikirkan atau dicemaskan berlebihan. Serta, tidak lagi terobsesi dengan membuat perbandingan diri. Sebab perjalanan dan perjuangan tiap orang berharga dan penting dengan caranya sendiri.

4. Bisa Berupaya Melihat Sisi Baik dari Segala Sesuatu

Hal-hal buruk yang menimpamu memang sempat membuatmu terpuruk. Bahkan kamu pernah merasa sudah kehilangan harapan hidup. Sampai ketika kamu kembali mencintai dirimu sendiri, kamu merasa tak sendirian lagi dan bisa melihat sisi baik dari segala sesuatu. Ada keyakinan bahwa semua yang terjadi dalam hidup memang sudah yang terbaik untukmu.

5. Bisa Mengupayakan Kebahagiaan Sendiri

Kamu tak lagi menunggu validasi orang lain untuk membuatmu bahagia. Tak lagi terus menerus bergantung pada orang lain untuk bisa memiliki hati yang bahagia. Sebab kamu sendiri bisa mengupayakan kebahagiaan dengan caramu sendiri, dan selama kamu bisa bahagia dengan cara yang kamu lakukan sendiri, ada hati kuat yang senantiasa menemanimu.

Semoga kamu bisa menjalani hidup dengan lebih bermakna lagi, ya. Sayangi diri sendiri dan peluk erat diri tiap kali merasa terpuruk untuk bisa kembali kuat dan bangkit lagi.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading