5 Hal yang Terjadi Jika Tidak Ada Lagi Kepercayaan dalam Hubungan Cinta

Febi Anindya Kirana11 Nov 2022, 14:15 WIB
Diperbarui 11 Nov 2022, 14:15 WIB
couple marah

Fimela.com, Jakarta Apa yang akan terjadi jika sudah tidak ada rasa saling percaya lagi kepada pasangan? Sebelum hubungan cinta benar-benar hancur, ada beberapa gejala yang mungkin akan timbul dan bisa dilihat jika rasa percaya itu hilang. Jika tak ingin mengalaminya, simak agar tidak perlu mengalaminya.

1. Pertengkaran semakin intens

couple
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Prostock-studio

Pertengkaran yang semakin sering adalah hal pertama yang akan terjadi jika kamu dan dia sudah tidak memiliki kepercayaan terhadap satu sama lain. Argumen apa pun yang kalian lontarkan seakan tak ada gunanya, tidak bisa menyelesaikan masalah. Kepercayaan adalah masalah yang sangat rumit. Sulit untuk menerima ketika pasangan membela diri dan kalian hanya saling menyalahkan. Kalian berdebat sepanjang waktu namun tak menemukan solusi yang tepat karena hati sudah dibutakan oleh rasa tidak percaya.

2. Tidak ada yang saling mengusahakan untuk bersama

couple
ilustrasi/copyrightshutterstock/Prostock-studio

Ketika kepercayaan hilang, satu dampak yang bisa kamu rasakan adalah "ingin menyerah". Baik dirimu maupun dirinya sudah tidak memiliki keinginan untuk mempertahankan hubungan cinta. Kalian saling tak peduli dan tidak lagi mengusahakan untuk bersama. Ketika dia berhenti berusaha membuatmu terkesan dan kamu cuek dengan sikapnya, saat itulah cinta terkikis dari hati. Ini pertanda kalian sudah tidak menunjukkan minat untuk membawa hubungan lebih jauh lagi.

3. Kata 'maaf' tak ada artinya lagi

couple marah
Ilustrasi/copyrightshutterstock/zhang tianle

Minta maaf hanya sekadar kata yang terucap dari mulut, tidak memberi makna apa pun. Bahkan jika itu dikatakan dengan tulus, ketika hati sudah tak percaya, maka tidak akan ada solusi yang bisa ditempuh untuk memperbaiki hubungan cinta. Ketika kata maaf sudah tak memiliki dampak perubahan apa pun, mungkin itulah saat yang tepat untuk saling melepaskan, daripada bertahan tapi tetap stagnan.

4. Egois dan tidak ada rasa peduli

couple marah
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Pormezz

Pada dasarnya, cinta itu sudah mati sehingga kamu memutuskan untuk mementingkan diri sendiri dan tak lagi peduli pada pasangan. Begitu pula ia dengan dirinya sendiri. Jika kalian sudah terikat hubungan pernikahan, mungkin pertimbangan untuk bercerai sudah lama terpikirkan di kepala. Ketika sudah tidak ada lagi rasa kompromi, yang ada hanyalah egois semata, maka apa pun yang kalian lakukan tak akan menyelesaikan apa pun.

5. Apa pun yang ia lakukan selalu salah

Couple marah
Ilustrasi/copyrightshutterstock/TimeImage Production

Ketika rasa percaya itu sudah pudar, maka yang bisa kamu lihat hanyalah keburukan pasangan. Apa pun yang ia lakukan selalu tampak salah di matamu, dan kamu selalu menaruh curiga. Begitu pula ia padamu. Setiap hal baik yang kalian lakukan selalu berujung kecurigaan yang tak berdasar. Jika sudah dalam tahap ini, sebaiknya jangan membuang-buang waktu dan energi untuk tetap memaksakan bersama.

Itu dia sekian hal yang mungkin terjadi ketika kepercayaan sudah tak ada lagi dalam hubungan cinta. Jangan sampai itu juga yang terjadi dalam hubungan cintamu ya Sahabat Fimela.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela