Sukses

Relationship

5 Tanda Hubungan Asmara yang Tidak Bahagia

Fimela.com, Jakarta Merasa bosan, hampa, dan hubungan yang terasa hambar terkadang menimbulkan pertanyaan. Apakah hubungan yang dijalani tidak ada harapan untuk menjadi hubungan jangka panjang atau hal lainnya? Ternyata, beberapa keresahan yang mungkin kamu rasakan adalah tanda bahwa hubungan asmaramu dengan pasangan tidak bahagia. Melansir dari Mindbodygreen terapis mengatakan ada beberapa tanda yang mengartikan bahwa kamu menjalani hubungan tidak bahagia. Beberapa orang menyangkal pernah merasakannya, karena memikirkan ketidak bahagiaan dalam hubungan akan menimbulkan prasangka hubungan harus disudahi.

Ternyata, banyak orang yang tanpa disadari mengalami tanda-tanda hubungan asmara yang tidak bahagia. Apa saja tanda tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

1. Tidak Merasa Aman

Rasa bahagia erat hubungannya dengan rasa aman dan nyaman. Bila merasa bingung apakah hubungan yang dijalani sudah bahagia atau bahkan sebaliknya, coba pikirkan, apakah kamu merasa aman? Tidak mungkin ada kebahagiaan bila dirimu tidak merasa aman. Terapis pernikahan menjelaskan bahwa merasa tidak aman secara fisik maupun emosional tidak hanya membuat hubunganmu tidak bahagia, namun juga berarti tidak sehat.

2. Tidak Ingin Berada di Dekat Pasangan

Perubahan perilaku seperti tidak ingin berada dekat dengan pasangan dan tidak ingin terlibat dengan mereka merupakan tanda ketidak bahagiaan dalam hubungan. Kamu mungkin merasa nyaman dekat dengan pasangan karena keakraban, tapi kehadirannya tidak membuatmu bahagia. Bahkan terkadang dirimu sengaja menghindari pasangan karena tidak ingin bertemu.

3. Hubungan Tidak Seimbang

Tidak ada timbal balik antar pasangan dapat menyebabkan hubungan yang dijalin tidak bahagia. Misalnya pengorbanan yang kamu lakukan, komunikasi, dan hal lainnya tidak dibalas dengan baik oleh pasangan, hal ini bisa diartikan bahwa hubungan asmaramu tidak seimbang.

4. Merasa Kehilangan Diri Sendiri

Dirimu tidak lagi milikmu dapat dilihat melalui perilaku pasangan yang suka menuntut banyak hal, membuatmu merubah dirimu tanpa persetujuan, dan mengendalikan dirimu. Hal yang membuatmu merasa hidup seperti melakukan hobi, mengejar impian, hasrat, dan lain sebagainya adalah hal yang membuatmu bahagia menjalani hidup bersama pasangan. Rasa bebas namun bertanggung jawab adalah tanda hubunganmu sehat. Namun bila sebaliknya, dapat dikatakan kamu terjebak pada hubungan tidak sehat dan tidak bahagia.

5. Tidak Dihargai Oleh Pasangan

Hal kecil yang menjadi tanda hubungan tidak bahagia adalah sikap acuh dan tidak menghargai dari pasangan. Melanggar kepercayaan, tidak peduli dengan pasangan, dan tidak memprioritaskan hubungan adalah perilaku lain yang menjadi tanda tidak saling menghargai antar pasangan yang menyebabkan hubungan tidak bahagia.

Masalah dalam hubungan dapat diselesaikan dengan komunikasi dan komitmen yang kuat dari pasangan. Bicarakan hal yang dikeluhkan dan terbukalah untuk mencari solusi bersama.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading