5 Cara Kuatkan Diri saat Merindukan Pria yang Tak Bisa Dimiliki

Endah Wijayanti21 Nov 2022, 14:45 WIB
Diperbarui 21 Nov 2022, 14:45 WIB
rindu masa lalu

Fimela.com, Jakarta Saat menyukai atau mencintai seseorang, biasanya hati kita akan mudah merasa rindu padanya. Cara terbaik mengobati rindu adalah bertemu dan menyampaikan rasa rindu yang ada pada orang yang kita rindukan. Namun, bagaimana kalau rasa rindu yang hadir adalah rasa rindu pada pria yang tak bisa kita miliki?

Merindukan pria yang tak bisa dimiliki bisa menghadirkan kesedihan tersendiri. Ketika menyampaikannya belum bisa dilakukan, maka yang bisa dilakukan saat ini adalah mencoba untuk menguatkan diri dan hati. Berikut ini lima cara yang bisa dicoba untuk meredakan rasa sedih karena rindu yang tak bisa disampaikan.

 

 

1. Terima Hadirnya Rasa Rindu Tersebut

surat ayah dan titip rindu juga ke ibu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/domesq

Tak perlu menolak atau langsung berusaha membuang rasa rindu yang ada. Biarkan rasa rindu hadir apa adanya. Terima rasa rindu itu dan biarkan mengalir dan dirasakan olehmu. Kalau kemudian rasa rindu itu membuatmu ingin menangis, alirkan saja air mata yang ada. Setidaknya dengan menerima hadirnya perasaan rindu tersebut, hatimu bisa lebih lapang menerima realitas yang ada.

 

 

2. Tuangkan Rasa Rindu yang Ada

rindu saat berjarak
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

Kalau menulis bisa bantu menuangkan rasa rindu yang ada agar hati tak makin tersiksa sendiri, coba tulis semua hal yang sedang kamu rasakan. Kalau kamu memiliki jiwa seni atau tertarik untuk menyibukkan sesuatu untuk menuangkan rasa rindu pada sebuah karya, lakukan saja. Saat kamu belum bisa menyampaikan rasa rindu pada orang yang kamu rindukan, kamu bisa menuangkannya melalui media yang menurutmu paling aman.

 

 

3. Sadari bahwa Perasaan yang Hadir Bersifat Sementara

tips untuk move on
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/prostock_studio

Perasaanmu bisa berubah-ubah. Rasa rindu yang hadir bisa berubah dengan cara yang tak pernah kamu duga. Coba untuk menghadirkan napas yang lebih perlahan dan sadar di masa kini. Untuk setiap tarikan napas dalam, tanamkan hal baik dalam pikiran bahwa rasa rindu yang hadir akan berlalu dan tergantikan dengan perasaan yang lebih baik dan lega.

 

4. Rangkai Harapan Masa Depan yang Lebih Baik

upaya untuk move on
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/artfotodima

Rasa rindu yang hadir mungkin dipicu oleh momen atau kenangan yang dulu pernah hadir dalam hidupmu. Mengutip buku How to Respect Myself, area tempat otak menyimpan memori disebut hipokampus, di mana catatan masa lalu bertumpuk-tumpuk di dalamnya. Hipokampus ini menempel dengan pusat amigdala yang merupakan pusat emosi. Bisa dibilang bahwa memori dan emosi akan selalu bersama-sama. Orang yang lukanya belum sembuh tentu masih menyimpan emosi masa lalu juga. Mungkin ada hal yang belum bisa terwujud saat ini dan membuat rasa rindu masih kerap hadir, tapi cobalah untuk menatap ke depan. Rangkai harapan baru dan relakan seseorang yang tak bisa dimiliki tersebut.

 

 

5. Limpahkan Lebih Banyak Cinta untuk Diri Sendiri

perempuan dan move on dari yang disuka
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/prostock_studio

Pria yang kamu cintai tak bisa menerima cintamu bukanlah akhir dari duniamu. Merindukan seseorang yang tak bisa dimiliki mungkin sempat membuatmu merasa jadi orang yang malang. Namun, justru di saat seperti ini coba limpahkan lebih banyak cinta untuk diri sendiri. Lakukan hal-hal yang bisa menyenangkan hati dan perasaan. Rawat diri dengan lebih baik lagi dan hadirkan senyuman dan tawa untuk hidup ini.

Lapangkan hati untuk menerima semua perasaan yang ada. Terima kasih kamu sudah berusaha melakukan yang terbaik untuk bertahan di masa yang membuat hatimu sempat terombang-ambing.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela