Bagaimana Bertanya Tentang Status Hubungan Dengannya? Cek di Sini

Mimi Rohmitriasih24 Nov 2022, 11:35 WIB
Diperbarui 24 Nov 2022, 11:35 WIB
pasangan cinta kencan romantis

Fimela.com, Jakarta Saat dekat dengan seseorang, tidak jarang hal ini membuat kita merasa sangat nyaman. Tak jarang kita pun menaruh rasa cinta dan rindu padanya. Tapi, kedekatan tanpa status juga sering bikin pusing. Kondisi ini sering membuat kita bertanya-tanya, “Mungkinkah aku dan dia hanya berteman? Padahal kita sering menghabiskan waktu bersama.”

Pertanyaan akan semakin membuat cemas dan khawatir tatkala kamu mendapati bahwa si dia memiliki kepedulian yang besar terhadapmu. Sayang, dia tak pernah mengatakan bahwa dia mencintaimu. Dia juga tak pernah bertanya bagaimana perasaanmu padanya.

Bertanya Tentang Status Hubungan

couple kencan romantis
ilustrasi pasangan cinta/P.KASIPAT/Shutterstock

Mengutip dari laman bustle.com, kedekatan tanpa status yang jelas memiliki potensi lebih besar untuk menciptakan luka di dada. Para ahli bahkan mengungkapkan hal ini bisa meningkatkan trauma seseorang untuk memulai hubungan di masa depan. Lantas, untuk mengetahui apa statusmu dengan dia yang sudah begitu dekat seperti pacar, bagaimana menanyakannya? 

Sejauh ini, mengungkapkan perasaan lebih dulu bagi perempuan dinilai sebagai hal yang cukup tabu. Meski begitu, tak apa jika kamu ingin menunjukkan cintamu lebih dulu dan mencari tahu kejelasan dari si dia. Bertahan pada hubungan yang tidak jelas, berpotensi melukai dan menyakitimu secara lebih di masa mendatang.

Menanyakan Hubungan dengan Menyatakan Cinta

pasangan cinta bahagia kencan
ilustrasi couple/Blue Planet Studio/Shutterstock

Susan Winter dan konselor kencan bersertifikat sekaligus pembawa acara 'The Dates & Mates Podcast,' Damona Hoffman, mengungkapkan jika bertanya tentang kejelasan status bukanlah suatu hal yang tabu. Ada beragam cara elegan untuk hal itu. Bagaimana caranya? 

“Mulailah dengan bersikap lebih terbuka ke dia mengenai perasaanmu. Dalam obrolan sehari-hari, selipkan pernyataan bahwa kamu nyaman bersamanya. Katakan jika sepertinya kamu mulai menaruh perasaan padanya. Baru setelah itu, cari tahu bagaimana respon si dia. Ini bisa membuatmu tahu bagaimana perasaannya padamu.” Kata Susan.

Pentingnya Kejelasan Status dalam Hubungan

kencan romantis
Ilustrasi kencan./Copyright shutterstock.com/g/alessandra+merlo

Bersikap terbuka jauh lebih baik dibandingkan terus bertahan pada status hubungan yang tak jelas. Saat sama-sama tahu tentang perasaan satu sama lain, kamu pun bisa lebih yakin untuk melangkah maju ke depan. 

Memendam perasaan dan saling nyaman tanpa status yang jelas, lebih mungkin menghambatmu untuk bertemu sosok yang mencintaimu dengan tulus di luar sana. Ini juga memungkinkamu merasa sakit hati mendalam terutama saat kamu tahu bahwa ia hanya menganggapmu sebatas teman. Padahal, kamu sudah terlanjur nyaman dengannya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela