5 Cara Lapangkan Hati Melupakan Pria yang Tak Bisa Dimiliki

Endah Wijayanti29 Nov 2022, 12:15 WIB
Diperbarui 29 Nov 2022, 12:15 WIB
perempuan dan cinta pertama 2

Fimela.com, Jakarta Saat cintamu bertepuk sebelah tangan, kadang cara terbaik menyikapinya adalah lebih berlapang dada menerimanya. Walau kenyataan ini sulit diterima tapi karena hidupmu masih perlu diperjuangkan, maka kamu memang perlu membuka lembaran hidup yang baru. Melupakan pria yang tak bisa dimiliki pun menjadi pilihan bijak yang bisa diambil.

Agar hati bisa lebih lapang dalam upaya untuk melupakan cinta yang tak bisa dimiliki, ada sejumlah cara yang bisa dicoba. Seperti cara-cara berikut ini. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Hargai Perasaanmu Sendiri

perempuan dan cinta pertama
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Teringat ucapan Yae dalam serial First Love tentang mencintai seseorang. Katanya, "Finding that special someone you can fall head over heels for makes you feel grateful to live. I think it's a pretty amazing feeling. No matter where they are, or what they're doing with any person it doesn't change anything. So I think that's enough." Kamu mencintai seseorang, itu bukan sebuah kesalahan. Pengalaman yang kamu dapatkan tetap perlu dihargai sebab dari situ kamu jadi bisa belajar memahami diri sendiri dan mengapresiasi hidupmu lebih baik lagi.

 

 

2. Memperkuat Prasangka Baik

perempuan dan cinta pertama 1
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/JR-50

Untuk bisa move on dari cinta sepihak, cobalah untuk memperkuat prasangka baik. Tak usah membenci pria yang tak menerima cintamu. Tak usah merasa dendam dengan pria yang menolak perasaanmu. Anggap saja karena memang dia bukan orang yang tepat untukmu, dan kamu masih butuh waktu untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik agar bisa bertemu dengan pria yang lebih baik juga.

 

 

3. Peluk Diri Lebih Erat Lagi

self-love
ilustrasi mencintai diri sendiri/Photo by Taweepat from Shutterstock

Melupakan seseorang sepenuhnya mungkin hal yang mustahil dilakukan. Menghapus semua perasaan yang pernah singgah pun butuh waktu yang kadang tak sebentar. Di sini, kamu perlu memeluk diri lebih erat lagi agar bisa bertahan melewati masa sulit yang ada. Meninggalkan perasaan yang begitu dalam memang tak mudah, tapi yakin saja ada hati yang lebih kuat yang akan menyambutmu selama kamu mau melangkah ke depan.

 

 

4. Hindari Meromantisasi Kenangan

self love
ilustrasi bahagia mencintai diri sendiri/Photo by Đàm Tướng Quân from Pexels

Kenangan dan memori yang ada mungkin pernah membuat hatimu berbunga-bunga. Namun, kini dalam upaya untuk membuka lembaran hidup yang baru, kamu perlu berhenti meromantisasi kenangan yang ada. Cukup singgahi kenangan dan memori yang ada tanpa harus berlarut-larut meresapinya agar dirimu tak lagi terjebak di masa lalu.

 

 

5. Lakukan Hal yang Membahagiakan Hatimu

love self
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Krakenimages.com

Sesekali kamu perlu pengalihan. Agar tak terus menerus terbayang sosoknya yang sudah semestinya dilupakan, kamu bisa coba melakukan sesuatu yang bisa membahagiakan hatimu. Lakukan sesuatu atau hal yang bisa membuatmu tersenyum sebab yang kamu butuhkan adalah pengalaman-pengalaman baru untuk memperkaya jiwamu lagi.

Semoga ada cinta yang lebih tepat dan indah untukmu, ya. Terima kasih sudah melakukan semua upaya terbaik hingga saat ini.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓