6 Tanda Kamu Pura-pura Bahagia Menjalani Hubungan Pernikahan

Gayuh Tri Pinjungwati30 Nov 2022, 16:15 WIB
Diperbarui 30 Nov 2022, 16:15 WIB
couple

Fimela.com, Jakarta Mengapa orang berpura-pura bahagia dalam hubungan? Ketika kamu tidak bahagia dalam suatu hubungan, berpura-pura mungkin tampak seperti hal yang baik untuk dilakukan agar pasanganmu tidak terluka. Masalahnya adalah, berpura-pura bahagia dalam suatu hubungan dapat berdampak buruk pada kesehatan emosional dan fisikmu. Itu juga mencegahmu dan pasangan saat ini untuk bergerak maju menuju kehidupan yang memuaskan baik dengan atau tanpa satu sama lain.

Terkadang hal yang tidak diketahui lebih buruk daripada bertahan dengan seseorang yang tidak kamu cintai. Tapi, bagaimana kamu tahu kapan kamu merasa tidak bahagia dalam hubungan? Berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu sebenarnya hanya pura-pura bahagia dalam suatu hubungan. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Menghindari Komunikasi

Salah satu tanda terbesar seseorang berpura-pura bahagia adalah menghindari komunikasi dengan pasangannya. Jika selama ini kamu menghindari komunikasi dengan pasangan, itu mungkin karena kamu tahu apa yang akan terjadi.

2. Menghindari Membuat Rencana

Salah satu tanda utama seseorang berpura-pura bahagia dalam hubungan mereka adalah bertindak seolah-olah pasangan mereka adalah orang favorit mereka dan kemudian tidak pernah benar-benar menghabiskan waktu bersama mereka. Jika kamu menemukan diri secara konsisten membuat rencana yang tidak melibatkan pasanganmu, sebaiknya kamu bertanya pada diri sendiri mengapa.

3. Hatimu Merasa Berat

pasangan bahagia memeluk
ilustrasi couple cinta/Hananeko_Studio/Shutterstock

Apakah kamu merasa senang atau dikelilingi oleh cinta saat kamu bersama pasangan atau apakah kamu merindukan berada di tempat lain? Berpura-pura bahagia dalam suatu hubungan dapat merusak hati emosionalmu. Jika hatimu terasa berat saat berada di dekat kekasihmu, itu bisa jadi pertanda bahwa kamu berpura-pura menjadi sesuatu yang bukan dirimu saat bersama, dan hatimu akhirnya merasa muak.

4. Kamu Kehilangan Kepercayaan Diri

Jika kamu tidak bahagia menjalin hubungan dengan pasangan, itu bisa membuat pikiranmu mengembara. Berpura-pura bahagia dalam hubunganmu saat ini mungkin membuatmu melamun tentang kehidupan lain dengan orang lain. Ini berbahaya karena memikirkan fantasi ini dapat membuatmu menipu dan menyakiti banyak orang.

5. Tidak Mengembangkan Perasaanmu

couple-kezo
ilustrasi sindiran/Trinity Kubassek/pexels

Apakah kamu merasa diam lebih nyaman daripada melakukan percakapan yang mendalam atau penting dengan pasangan? Jujurlah dengan diri sendiri dan akui perasaanmu jauh di lubuk hati. Tetap dalam keadaan tidak bahagia dapat menyebabkan depresi dan kecemasan di area lain dalam hidupmu, seperti pekerjaan dan hubungan dengan teman.

6. Tidak Bisa Melepaskan Masa Lalu

Salah satu tanda bahwa kamu berpura-pura bahagia dalam suatu hubungan adalah jika kamu diam-diam menyimpan dendam. Jika pasanganmu telah menipu atau mengkhianatimu di masa lalu dan kamu tidak bisa melepaskannya, kamu mungkin berpura-pura bahagia padahal sebenarnya tidak.

Terkadang kamu terburu-buru mengambil keputusan untuk segera menikah tanpa memikirkan, seperti apa perasaanmu yang sebenarnya. Janganlah terburu-buru mengambil keputusan untuk menikah, karena kamu akan menjalaninya seumur hidupmu, jangan sampai menyesal. 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓