Sukses

Relationship

3 Kesalahan Suami yang Tidak Bisa Dimaafkan Menurut Islam

Fimela.com, Jakarta Setiap hubungan pasti ada pertengkaran. Terkadang hubungan yang baik-baik saja, belum tentu tidak memiliki masalah apapun. Dalam menjaga hubungan, pasangan suami dan istri harus kompak membangun hubungan rumah tangga dengan baik.

Dalam agama Islam, seorang suami adalah pemimpi di keluarga, yang akan membimbing keluarga masuk Surga. Sehingga suami harus menjadi panutan yang baik. Namun, yang namanya manusia, pasti tidak akan luput dari kesalahan.

Ada beberapa kesalahan dalam suami yang tidak bisa dimaafkan menurut Islam. Kesalahan-kesalahan ini sebaiknya dihindari. Berikut kesalahan suami yang tidak bisa dimaafkan menurut Islam:

1. Tidak Mengajarkan Agama

Dalam agama Islam, seorang suami harus membimbing dan mendekatkan keluarganya dengan Surga. Sehingga suami harus mengajarkan agama Islam kepada keluarganya. Suami akan melakukan kesalahan besar, jika tidak pernah mengajarkan agama pada keluarganya. Allah telah berfirman bahwa:

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yg di perintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan,”. (QS At-Tahrim: 6)

2. Tidak Memberi Nafkah

Seharusnya seorang suami bisa menafkahi keluarganya. Karena menafkahi keluarga adalah sebuah kewajiban dalam Islam. Suami akan sangat berdosa jika tidak pernah memberikan nafkah untuk istri dan anaknya.

Kewajiban ini seperti sabda Rasulullah SAW : “Jika seorang muslim mengeluarkan nafkah untuk keluarganya sedangkan dia mengharapkan pahalanya, maka nafkah itu adalah sedekah baginya,”. (Muttafaq ‘alaih)

Rasululluah SAW juga bersabda: “Seseorang cukup dipandang berdosa bila dia menelantarkan belanja orang yang menjadi tanggung jawabnya,”. (HR.Abu Dawud no.1442 CD, Muslim, Ahmad, dan Thabarani).

3. Kasar Pada Istri

Perbuatan kekerasan dalam rumah tangga sangat dilarang. Dalam Islam pun turut melarang suami yang berbuat kasar pada istri. Apalagi jika suami bersikap baik kepada orang lain, namun tidak pernah memuliakan istrinya.

Rasulullah SAW pernah bersabda: “Mukmin yang paling sempurna adalah yang paling baik akhlaknya. Dan sebaik–baik kalian adalah yang paling baik tehadap istri-istrinya,” (H.R. at-Tirmidzi, disahihkan oleh Syeikh Albani).

Begitu pula sabda Rasulullah SAW: “Janganlah seorang suami yang beriman membenci istrinya yang beriman. Jika dia tidak menyukai satu akhlak darinya, dia pasti meridhai akhlak lain darinya,”. (HR Muslim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading