Sukses

Relationship

6 Cara yang Bisa Membantumu Move On dari Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu pernah mengalami cinta bertepuk sebelah tangan? Atau mungkin saat ini kamu sedang mengalaminya? Mencintai seseorang yang tidak dapat mencintai kita memang bukan perkara yang mudah. Bahkan hal ini bisa terasa sangat menyakitkan. Patah hati akibat cinta yang bertepuk sebelah tangan dapat membuat kita terpuruk.

Namun hidup harus tetap berjalan bukan? Jika saat ini kamu sedang mengalami cinta bertepuk sebelah tangan, kamu tak bisa terus-menerus terpuruk dalam kesedihan. Kamu harus bangkit dan mencoba untuk move on dari cinta yang tak terbalaskan. Kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini yang dapat membantumu untuk move on dari cinta yang bertepuk sebelah tangan agar kamu tidak berlarut-larut dalam kesedihan.

1. Berhenti Berharap dengan Menerima Kenyataan yang Ada

Hal pertama yang membuatmu sulit untuk move on dari cinta bertepuk sebelah tangan adalah kamu masih memiliki harapan bila suatu saat orang yang kamu cintai akan mencintaimu juga. Memang tidak ada yang salah ketika seseorang berharap orang yang ia cintai suatu saat bisa mencintainya kembali. Namun jika orang yang kamu cintai ternyata tidak mencintaimu kamu harus menerima kenyataan yang ada. Ikhlas menerima kenyataan bahwa perasaanmu pada orang yang kamu cintai tidak terbalaskan memang bukan hal yang mudah. Namun bukan tidak mungkin, perlahan kamu bisa menerimanya.

Kamu bisa mengambil hikmah atas semua hal yang terjadi dalam hidupmu tak terkecuali cintamu yang bertepuk sebelah tangan ini.  Bisa saja orang yang kamu cintai bukanlah orang yang tepat untukmu, dan penolakannya atas cintamu mungkin adalah cara Tuhan menunjukkannya. Bisa juga setelah move on dari cinta sepihak ini, kamu dipertemukan dengan seseorang yang lebih baik dari dirinya untukmu.

2. Pahami Juga Perasaannya

Memahami perasaan orang yang menolakmu bisa jadi salah satu hal yang dapat membantumu move on darinya. Ketika kamu mendapati kenyataan bahwa cintamu bertepuk sebelah tangan maka cobalah lihat dari sudut pandangnya.

Menolak seseorang mungkin bukan perkara yang mudah bagi sebagian orang. Banyak orang menganggap bahwa penolakan akan menyakiti perasaan orang lain. Jika orang yang kamu cintai menolakmu hargailah keputusannya dan pahami juga perasaannya. Mengutarakan penolakkan bisa jadi adalah hal yang sulit untuk dilakukannya. Ia pasti memiliki alasan-alasan mengapa ia menolakmu dan ia mungkin sudah berfikir bagaimana mengutarakan penolakaan dengan baik agar tidak terlalu menyakiti perasaanmu. Jangan memaksakan perasaanmu karena hal ini akan menyakitinya dan dirimu juga.

3. Batasi Komunikasi Dengannya

Sama halnya dengan cinta bertepuk sebelah tangan, membatasi komunikasi dengan orang yang kita cintai juga bukan perkara yang mudah. Terlebih lagi jika kamu dan dia sering berkomunikasi baik melalui pesan atau bertemu langsung. Namun hal ini perlu kamu coba jika kamu ingin move on darinya. Membatasi komunikasi dengannya akan memberimu waktu untuk dirimu fokus pada diri sendiri. Membatasi komunikasi dengannya juga akan membuatmu terbiasa tanpanya dan perlahan melupakannya.

 

 

4. Cari Kesibukkan Lain

Hal selanjutnya yang dapat kamu coba ketika kamu ingin move on dari cinta yang bertepuk sebelah tangan adalah mencari kesibukkan baru. Menyibukkan dirimu dengan hal-hal baru membantumu mengalihkan pikiranmu darinya. Kamu bisa membuat target-target baru dalam hidupmu dan menyibukkan diri untuk mencapainnya. Kamu juga bisa mencari hobi baru untuk mengisi waktu luangmu.

Dengan mencari kesibukkan lain yang positif kamu juga dapat meningkatkan kuliatas dirimu. Dan saat kamu menyadari bahwa kamu berhasil membuat pencapaian baru dalam hidup, kamu akan merasa lebih baik dan merasa bangga dengan dirimu.

5. Belajar Mencintai Diri Sendiri

Jika cintamu tak terbalas, itu bukan karena kamu tak berharga. Bukan berarti ketika seseorang tak membalas cintamu kamu tak layak untuk dicintai. Kamu tetap layak menerima cinta, setidaknya oleh dirimu sendiri. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan ketika cintamu tak terbalaskan adalah dengan belajar mencintai diri sendiri.

Kamu bisa mulai mencintai dirimu sendiri dengan mengenal diri sendiri lebih jauh dan menerima diri sendiri apa adanya. Cari tahu apa saja kelebihan dan kekuranganmu. Apresiasi segala kelebihan yang ada dalam dirimu dan juga perbaiki kekurangan-kekurangan yang ada dalam dirimu.

Kamu juga dapat melakukan apa saja yang membuat dirimu merasa lebih baik dan bahagia. Luangkanlah waktu untuk me time dan lakukanlah kegiatan-kegitan yang kamu suka. Kamu juga bisa mengisi waktu me time dengan melakukan aktivitas yang dapat menenagkan dirimu seperti meditasi dan yoga.

6. Mencoba Perlahan Membuka Diri untuk Orang Lain

Banyak orang bilang bahwa jatuh cinta lagi adalah hal yang bisa membuatmu move on dari patah hati. Untuk mencintai orang baru memang hal yang tidak mudah awalnya. Terlebih lagi jika kamu mencintai orang yang sudah menolakmu dengan sangat dalam. Namun terus berkubang dalam kesedihan dan meratapinya hanya dapat menyakiti dirimu sendiri.

Untuk itu kamu harus mencoba perlahan untuk membuka diri kepada orang lain. Taka da salahnya untuk keluar rumah dan bertemu dengan orang-orang baru. Kamu bisa mengikuti komunitas, volunteer, atau pergi ke tembat baru untuk berkenalan dengan orang baru. Siapa tau  kamu akan menemukan tambatan hati yang baru yang dapat membantu melupakan cinta sepihakkmu sepenuhnya.

Move on dari cinta yang bertepuk sebelah tangan memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun jangan buat dirimu terkurung dalam kesedihan terus menenerus. Kamu bisa melakukan cara-cara diatas untuk membantu move on dari cinta sepihakmu.

 

Penulis: Diah Ayu V.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading