Sukses

Relationship

5 Cara Memperbaiki Harga Diri saat Cintamu Tak Berbalas

Fimela.com, Jakarta Ketika cintamu bertepuk sebelah tangan, kamu mungkin akan merasa sangat terpuruk. Apalagi ketika kamu sudah mengerahkan semua waktu, energi, dan perhatianmu untuk pria yang kamu sukai, menerima kenyataan kalau dia menolak cintamu bisa menjadi pengalaman yang sangat menyakitkan. Bahkan bisa membuat harga dirimu terluka.

Untuk bisa kembali membuka lembaran hidup yang baru setelah cintamu tak berbalas, bisa dimulai dengan memperbaiki harga dirimu. Caranya dapat dimulai dengan melakukan hal-hal sederhana berikut ini. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Berhenti Mencari Perhatiannya Lagi

Sudahi keinginan untuk mendapatkan perhatiannya lagi. Dia yang tak membalas cintamu tak perlu dipertahankan atau diperjuangkan lagi. Tak perlu lagi mencari perhatiannya, tapi fokus saja dengan melakukan hal-hal yang membuat dirimu merasa lebih bahagia dan nyaman. Fokuskan perhatian kepada diri sendiri saja dulu.

 

 

2. Sibukkan Diri Melakukan Hal yang Disukai

Kadang harga diri menurun karena rasa percaya diri menurun. Menerima kenyataan bahwa cintamu sepihak bisa membuat rasa percaya dirimu ikut memburuk. Untuk bisa kembali meningkatkan rasa percaya diri, kamu bisa coba menekuni hal yang kamu suka. Menekuni sesuatu yang disukai dan menghadirkan gairah baru dalam hidup bisa hadirkan perasaan menyenangkan. Hal ini pun bisa membuat harga diri meningkat karena ada rasa percaya diri yang ikut membaik di dalam diri.

 

 

3. Maafkan Diri Sendiri

Tak perlu menyalahkan diri sendiri atas cintamu yang bertepuk sebelah tangan. Kamu sudah berusaha sebaik mungkin dalam memperjuangkan cinta, jadi apresiasi saja hal itu. Mengutip buku Merawat Luka Batin, manusia sangat wajar melakukan kesalahan, mengalami kegagalan, merasa gugup, tidak cakap dalam hal tertentu, atau marah. Saat cintamu bertepuk sebelah tangan, mungkin kamu kecewa kepada diri sendiri karena telah salah langkah atau salah bersikap. Agar harga diri kembali pulih, berdamailah dengan diri sendiri dan peluk erat lagi diri yang sudah berjuang sebaik mungkin.

 

 

4. Lakukan Hal Baru dan Berbeda

Hadirkan pengalaman baru dalam hidup agar tidak terus terpuruk dalam cinta yang sepihak. Cintai dirimu sendiri dengan menghadirkan pengalaman-pengalaman baru dalam hidup. Mengutip buku How to Respect Myself, jika kita mencintai diri sendiri maka hidup akan menjadi lebih mudah. Kita pun akan merasa seperti ada yang menemani meskipun berjalan sendirian, dan ini bisa menghadirkan kekuatan baru untuk terus melangkah ke depan.

 

 

5. Rawat Diri dengan Lebih Baik Lagi

Ketika tak bisa lagi mengharapkan atau mengusahakan mendapat balasan cinta, maka saatnya untuk merawat diri lebih baik lagi. Anggap pengalaman cinta sepihak itu sebagai bagian dari masa lalu. Kini, cobalah fokus untuk merangkai hidup yang lebih indah dengan merawat diri lebih baik lagi.

Yakin saja cinta yang tepat akan hadir di waktu yang paling indah juga. Semoga hatimu senantiasa kuat dan bisa menjalani hari dengan lebih tegar lagi, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading