Sukses

Relationship

5 Cara agar Tidak Membenci Seseorang yang Menyakitimu

Fimela.com, Jakarta Menghadapi dan bertemu lagi dengan seseorang yang pernah menyakiti kita bisa membuat kita kembali merasa tak nyaman. Rasa kesal, marah, dan jengkel pun bisa muncul kembali. Tak hanya itu saja, kadang rasa benci pun menyelimuti.

Membenci seseorang, meski dia pernah menyakitimu, biasanya malah akan memperburuk keadaan. Hatimu pun makin tak tenang. Maka dari itu, sesakit apa pun hatimu jangan sampai kamu membenci seseorang. Caranya bisa dimulai dari hal-hal berikut ini.

1. Terima Rasa Tak Nyaman yang Ada

Ketika muncul rasa benci, biasanya makin kita tolak maka itu bisa makin kuat. Alih-alih menolak perasaan yang hadir, cobalah untuk menerimanya. Tak menyukai seseorang karena ia telah menyakitimu merupakan hal yang wajar, tetapi tak perlu sampai membenci atau ingin membalas dendam karena itu hanya akan membuat hatimu tak tenang.

 

 

2. Temukan Perspektif Baru

Cobalah untuk memperluas perspektif ketika rasa benci muncul. Temukan sudut pandang baru. Daripada hanya fokus untuk membalas dendam, cobalah untuk fokus memperbaiki diri. Dia yang telah melukaimu mungkin punya masalah sendiri dengan hidupnya. Mungkin juga ada momen atau penempatan waktu yang tak tepat sehingga membuatnya tidak berpikir jernih saat memperlakukanmu dengan buruk.

 

 

3. Lapangkan Hati untuk Memaafkan

Maafkan saja dia. Lapangkan hatimu untuk memaafkan orang yang telah melukaimu. Ini juga demi kebaikanmu sendiri. Sebab makin lama kita membenci seseorang, makin tidak tenang hati kita sendiri. Maafkan juga dirimu yang mungkin masih belum sepenuhnya merelakan kejadian yang sudah berlalu.

 

 

4. Ubah Ekspektasi Diri

Dulu mungkin kamu masih bisa berharap dapat menjalin hubungan baik dengannya dalam waktu yang lama. Kini, setelah kamu telah disakiti olehnya, kamu boleh saja menata ulang ekspektasi. Tetap berusahalah jadi orang baik karena memang kamu ingin menjadi baik, tanpa harus mengharapkan orang lain berbuat baik juga untukmu.

 

 

5. Berusaha Menyesuaikan Diri dengan Perubahan yang Ada

Kalau kamu butuh bantuan profesional untuk bantu tenangkan diri, kamu bisa coba berkonsultasi ke psikolog atau psikiater. Disakiti oleh seseorang bisa meninggalkan luka yang sangat dalam di hati. Perubahan realitas yang ada bisa cukup membuatmu kewalahan, dan untuk bisa bertahan melewati masa sulit yang ada memang perlu meningkatkan kemampuan beradaptasi.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba agar tidak membenci seseorang yang sudah melukaimu. Semoga bisa bantu tenangkan hatimu juga, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading