5 Cara Menjadi Perempuan yang Makin Bahagia dengan Bekerja

Endah Wijayanti24 Jan 2023, 07:15 WIB
Diperbarui 24 Jan 2023, 07:15 WIB
perempuan dan pikiran saat bekerja

Fimela.com, Jakarta Banyak pilihan yang hadir dalam hidup kita. Setiap pilihan yang kita ambil dalam hidup pun bisa menghadirkan bentangan jalan sendiri. Termasuk dalam memilih untuk bekerja atau tidak. Pilihan untuk menjadi perempuan yang tidak bekerja atau bekerja pun menghadirkan tantangannya sendiri.

Kali ini, kita akan membahas soal menjadi perempuan yang bekerja. Dengan rutinitas bekerja yang kadang penuh tekanan dan memicu stres, masih ada peluang bagi kita untuk bisa memiliki hidup yang bahagia. Caranya pun bisa dimulai dari hal-hal berikut ini.

 

 

1. Antisipasi Ketidaknyamanan yang Hadir

perempuan dan bahagia apa adanya
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Mengutip buku Love for Imperfect Things, "Kita salah jika mengira pekerjaan impian kita akan selalu menyenangkan dan menarik. Setiap pekerjaan memiliki bagian yang membosankan. Ingatlah bahwa akan selalu ada ujian yang harus dilewati sebelum sesuatu membuahkan hasil." Dalam rutinitas bekerja, ada hari-hari yang akan terasa lebih berat, menjemukan, atau membosankan dari biasanya. Agar tidak terlalu tertekan menghadapinya, penting untuk mengantisipasi ketidaknyamanan yang ada tersebut. Supaya kita bisa lebih mudah menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada.

 

 

2. Membuka Diri Belajar Hal-Hal Baru

perempuan dan semangat kerja lagi
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Tetaplah terbuka untuk belajar dan mencoba hal-hal baru. Dengan begini, keseharian akan terasa lebih berwarna. Keseharian bekerja pun jadi terasa lebih menyenangkan untuk dijalani karena ad hal baru yang bisa ditemukan dan dialami. Selama ada hal baik yang bisa didapatkan dari sesuatu yang dicoba, perbanyak saja pengalaman yang ada.

 

 

3. Kurangi Obsesi Membandingkan Diri dengan Orang Lain

perempuan dan baju merah pesona diri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Saat bisa fokus dengan standar kesuksesan sendiri, kita bisa lebih mudah menemukan kepuasan batin dalam pekerjaan yang kita tekuni. Temukan makna dan kepuasan batin sendiri dari rutinitasmu bekerja. Walau mungkin pencapaianmu belum sebesar dan sebanyak orang lain, tetapi syukuri dan terima semua hal yang bisa kamu miliki.

 

 

4. Luangkan Waktu untuk Menikmati Hari

perempuan dan bahagia jalan hidup
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Pastinya kamu juga punya alasanmu sendiri saat memilih menjadi perempuan yang bekerja. Keseharianmu pun akan dihadapkan pada masa-masa sulit. Agar bisa tetap bahagia dalam menjalani keseharian, luangkan waktu untuk menikmati hari. Sesekali melakukan sesuatu atau membeli sesuatu untuk diri sendiri pun bisa dilakukan untuk bahagia.

 

 

5. Syukuri Setiap Perjalanan dan Perjuangan yang Dijalani

perempuan dan bahasa tubuh positif
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/lookstudio

Hadirkan hati yang senantiasa bersyukur agar dirimu bisa tetap bahagia menjalani hari. Perjalanan dan perjuangan hidupmu memiliki tantangan serta lika-likunya sendiri, jadi untuk bisa bahagia maka hadirkan rasa syukur di setiap langkah yang kamu ambil. Yakini bahwa selama hal yang kamu kerjakan itu baik, maka itu bisa hadirkan kebahagiaan sendiri dalam hidup.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba agar bisa makin bahagia dengan rurinitas bekerja yang kamu miliki. Semoga infonya bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓