Sukses

Relationship

3 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Saat Merencanakan Pernikahan

Fimela.com, Jakarta Semua orang mengharapkan pernikahan yang bahagia dan menyenangkan bukan? Sebelum melalui masa pernikahan ternyata ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk merancanakan sebuah pernikahan. Selain itu menikah menjadi salah satu keputusan terbesar dalam hidup seseorang.

Pernikahan sering juga diartikan menjadi salah satu momen yang sakral dimana seseorang mengharapkan kehidupan yang harmonis dalam masa penikahan. Tidak hanya menyatukan kedua individu yang berbeda, tentu saat oernikahan sebagai sepasang kekasih harus bekerja sama untuk melangsungkan kehidupan yang sesungguhnya.

Saat pernikahan akan tiba tak jarang semua orang akan berfokus pada acara pernikahan seperti pesta maupun upacara pernikahan. Padahal ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan saat merencanakan pernikahan, berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan saat pernikahan:

1. Mempersiapkan Mental

Tak jarang banyak orang yang sering menghiraukan masalah satu ini sebelum pernikahan, padahal mempersiapkan mental menjadi salah satu hal pertama yang dilakukan seseorang untuk melangsungkan pernikahan. Bagaimana perasaan dan kesiapan mental seseorang dalam menghadapi kehidupan setelah pernikahan nantinya.

Untuk mengenali bagaimana kesiapan mental seseorang sebelum menikah harus mengenali diri sendiri terlebih dahulu, selain itu pahami kondisi mental bagaimana kelemahan maupun kekurangan diri sendiri. Selain itu sebelum pernikahan sepasang kekasih akan melakukan pembekalan pra-nikah atau membaca buku tentang terkait pernikahan.  

2. Membicarakan Tentang Finansial

Selain kondisi mental seseorang yang harus dipersiapkan, terkadang salah satu hal yang harus dipersiapkan adalah tentang finansial. Masalah finansial mungkin sering dihiraukan oleh beberapa pasangan, padahal finansial juga menjadi salah satu hal yang harud dipikirkan.

Aspek finansial juga harus terbuka oleh masing-masing pasangan, bagaimana mereka harus salin membicarakan dan keterbukaan tentang uang seperti masalah hutang hingga cicilan. Selain itu nantinya sebagai sepasang kekasih harus membicarakan beberapa hal tentang financial planning yang nantinya harus dipertimbangkan bagaimana cara pengolahan uang.

3. Membicarakan Ekspektasi

Setiap orang terkadang memiliki ekspektasi yang membahagiakan dalam sebuah hubungan termasuk hubungan yang sudah memasuki pernikahan. Ada baiknya untuk membicarakan ekspektasi masing-masing pasangan saat melangsungkan pernikahan, tentang bagiamana hal yang akan diharapkan setelah pernikahan.

Selain itu membicarakan peran sebagai istri, suami, bahkan orangtua, masalah satu ini harus didiskusikan antara pasangan. Apakah ingin menunda kehamilan setelah pernikahan atau tidak, semua hal yang berkaitan dengan keluarga dan pernikahan nantinya harus dibicarakan.

Nah, itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh masing-masing orang setelah menikah yang harus diketahui.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading