Sukses

Info

Berusia 14 Tahun, Atlet Loncat Indah China Raih Emas di Olimpiade Tokyo 2020

Fimela.com, Jakarta Bertambah lagi atlet-atlet belia yang berhasil mengukir prestasi di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Kali ini Quan Hongchan, atlet loncat indah China sukses meraih medali emas di usianya yang baru menginjak 14 tahun.

Quan Hongchan berhasil meraih nilai tertinggi 466,20 dan berhasil mengukir dua kali nilai sempurna pada nomor papan 10 m putri Olimpiade Tokyo 2020, Kamis (5/8/2021). Sementara, medali perak jatuh pada rekan setimnya Chen Yuxi yang berusia 15 tahun dengan skor 39,80 dan medali perunggu jatuh ke tangan atlet Australia berdarah China, Melissa Wu dengan skor 371,40 poin.

Dilansir Eurosport, Hongchan merupakan atlet termuda China pada Olimpiade Tokyo 2020. Meski usianya masih belia, ia tetap percaya diri untuk beradu keindahan dengan atlet-atlet lain yang jauh lebih tua. Terbukti, kini Hongchan berhasil meraih medali emas.

Kunci keberhasilan Hongchan

Hongchan mengungkapkan kunci keberhasilannya dalam merebut emas Olimpiade Tokyo 2020 adalah dukungan kuat dari orangtua. Pesan orangtuanya untuk tampil tanpa bebanlah yang membantu Hongchan untuk menang.

"Mereka berkata agar saya tidak gugup, jadilah diri sendiri tanpa memperdulikan apakah nantinya dapat medali atau tidak," kata Hongchan kepada wartawan usai penyerahan medali.

"Kata-kata itu benar-benar membantuku," ujar Hongchan yang berencana makan latio, jajanan khas Tiongkok untuk merayakan keberhasilannya meraih emas di Olimpiade Tokyo 2020.

Atlet muda peraih medali emas lainnya

Hongchan sendiri bukanlah atlet termuda yang berhasil meraih medali emas pada Olimpiade Tokyo 2020. Sebelumnya, Momiji Nishiya dari Jepang yang baru berusia 13 tahun sudah lebih dulu merasakannya saat memenangkan cabang olahraga skateboard nomor street beberapa hari yang lalu.

Di nomor ini, ketiga peraih medali bahkan belum berusia 17 tahun. Perak berhasil direbut atlet skateboard asal Brazil Rayssa Leal yang juga baru berumur 13 tahun. Sementara medali perunggu juga menjadi milik atlet Jepang berusia 16 tahun, Funa Nakayama.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading